youngster.id - Perkembangan digital membuat tren belanja online pun semakin meningkat. Bukan hanya sebagai alternatif, tapi belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.
Survei dari Snapcart pada tahun 2021 menunjukkan bahwa 69% orang Indonesia menyatakan bahwa biaya ongkos kirim Sangat Penting dalam pertimbangan berbelanja online.
Selanjutnya 26% menyatakan Penting, 2% Kurang Penting, dan hanya 2% menganggap biaya ongkir Tidak Penting dalam pertimbangan belanja online.
Survei lain dari Snapcart pada tahun 2022, menyatakan sebanyak 79% masyarakat Indonesia tertarik berbelanja di toko online karena adanya Gratis Ongkir.
Gratis Ongkir memang banyak dijadikan strategi e-commerce untuk menarik pelanggan. Program ini bisa dikatakan sebagai solusi dua arah yang memberikan keuntungan bagi seller online dan juga pembeli.
Strategi gratis ongkir ini dilakukan juga oleh Plugo, dengan meluncurkan program Gratis Ongkir untuk PlugoStore, yang berlaku untuk pengiriman ke seluruh Indonesia.
Izki Aldrin Iswarna, Direktur PT Plugo Teknologi Indonesia mengatakan, Tujuan Plugo adalah untuk terus dapat memfasilitasi pelaku UMKM agar bisa terus mengambangkan bisnisnya dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Itulah yang menjadi salah satu dasar diluncurkannya program Gratis Ongkir ini.
“Dengan adanya program Gratis Ongkir, pembeli akan semakin tertarik untuk berbelanja. Di sisi lain, penjual juga bisa merasakan penjualan yang meningkat berkat daya tarik yang semakin tinggi tersebut. Program ini juga membantu seller supaya tidak perlu mengatur diskon untuk ongkos kirim secara manual yang sebelumnya memang sudah bisa dilakukan di PlugoStore,” kata Izki, dikutip Senin (22/1/2024).
Cara bergabung dengan program Gratis Ongkir dari Plugo sangat mudah. Seller dapat langsung berlangganan melalui dasbor admin toko PlugoStore. Selain itu, Plugo juga mendukung program cashless shipping sehingga seller tidak perlu pusing mengurus sendiri pembayaran ke ekspedisi.
HENNI S.