youngster.id - Ditengah situasi yang serba terbatas, inovasi menjadi kunci untuk bertahan. Seperti yang ditunjukkan grup idola Korea Selatan, Super M yang sukses menggelar konser virtual ‘Super M Beyond Live’.
Konser virtual yang menerapkan penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) itu berhasil mengumpulkan lebih dari 75 ribu audiens berbayar dari 109 negara, dengan penjualan per tiket seharga US$30 (sekitar Rp466 ribu).
“Acara siaran langsung konser Beyond Live perdana itu menghimpun lebih dari US$2 juta (sekitar Rp31 miliar) dari penjualan tiket virtual,” lapor Forbes, dikutip Senin (27/4/2020).
Agensi Super M, SM Ent mengungkapkna untuk grup idola populer, konser luring umumnya dihadiri oleh rata-rata 10 ribu orang per pertunjukan, sedangkan konser virtual melibatkan 75 ribu penonton.
Selama konser tanpa audiens itu berjalan, Super M berinteraksi dengan audiens melalui panggilan video. Efek grafis komputer pun dipakai untuk memeriahkan panggung grup idola itu.
Meski ada potensi besar di dunia konser virtual, khususnya di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, harga jadi salah satu tantangan bagi para audiens. Terlebih, kondisi ekonomi global pun sedang melambat.
Sebagai perbandingan, konser langsung Super M di California pada Februari lalu hanya menghasilkan penjualan bruto sekitar US$1 juta dolar AS (sekitar Rp15,5 miliar), berdasarkan data Boxscore Billboard.
Selain dari segi penjualan, jumlah audiens konser virtual pun lebih banyak 7,5 kali lipat daripada konser luring.
STEVY WIDIA
Discussion about this post