youngster.id - Ditengah situasi yang serba terbatas, inovasi menjadi kunci untuk bertahan. Seperti yang ditunjukkan grup idola Korea Selatan, Super M yang sukses menggelar konser virtual ‘Super M Beyond Live’.
Konser virtual yang menerapkan penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) itu berhasil mengumpulkan lebih dari 75 ribu audiens berbayar dari 109 negara, dengan penjualan per tiket seharga US$30 (sekitar Rp466 ribu).
“Acara siaran langsung konser Beyond Live perdana itu menghimpun lebih dari US$2 juta (sekitar Rp31 miliar) dari penjualan tiket virtual,” lapor Forbes, dikutip Senin (27/4/2020).
Agensi Super M, SM Ent mengungkapkna untuk grup idola populer, konser luring umumnya dihadiri oleh rata-rata 10 ribu orang per pertunjukan, sedangkan konser virtual melibatkan 75 ribu penonton.
Selama konser tanpa audiens itu berjalan, Super M berinteraksi dengan audiens melalui panggilan video. Efek grafis komputer pun dipakai untuk memeriahkan panggung grup idola itu.
Meski ada potensi besar di dunia konser virtual, khususnya di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, harga jadi salah satu tantangan bagi para audiens. Terlebih, kondisi ekonomi global pun sedang melambat.
Sebagai perbandingan, konser langsung Super M di California pada Februari lalu hanya menghasilkan penjualan bruto sekitar US$1 juta dolar AS (sekitar Rp15,5 miliar), berdasarkan data Boxscore Billboard.
Selain dari segi penjualan, jumlah audiens konser virtual pun lebih banyak 7,5 kali lipat daripada konser luring.
STEVY WIDIA