Harbolnas 2016 Dongkrak Transaksi e-Commerce di ASEAN

Ratusan e-commerce ramaikan Harbolnas di Indonesia. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Hari Belanja Nasional (Harbolnas) diprediksi mendongkrak transaksi e-Commerce di wilayah Asia Tenggara tahun ini. Prediksi ini berdasarkan informasi yang diperoleh Criteo pada 8,2 juta transaksi yang dilakukan di Indonesia dari sejumlah situs utama peritel pada tahun lalu.

Melalui keterangan resmi, Senin (12/12/2016), pada 12 Desember ada peningkatan 78 % pengunjung pada situs peritel utama dan peningkatan 192 pada penjualan.Sementara 62 % pembeli di Asia Tenggara mengunjungi situs peritel utama dengan perangkat berbeda sebelum melakukan pembelian akhir.

“Jika dibandingkan data tahun lalu, kami melihat peningkatkan signifikan dalam lalu lintas situs internet dan konversi penjualan yang mengarah pada 12 Desember. Selama periode ini, dua pertiga konsumen akan menggunakan berbagi perangkat untuk menjelajah situs ritel sebelum akhirnya melakukan pembelian,” ujar Direktur Komersial Criteo Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan Alban Villani.

Bahkan, diperkirakan sekitar 62 %pengguna bakal mengambil keputusan pembelian dari perangkat berbeda yang digunakan pertama kali. Karena itu, peritel harus mampu mengenali kebiasaan penelusuran dan pembelian konsumen melalui beragam perangkat terutama ketika Harbolnas. Perdagangan melalui ponsel (m-Commerce) juga diprediksi akan mendominasi penjualan e-Commerce tahun ini.

Baca juga :   Bisnis Zalora Terancam

Menurut perhitungan, 34 % transaksi online di perusahaan ritel besar dihasilkan melalui penggunaan ponsel, dan 33 % lain melalui aplikasi mobile.

Keadaan itu menunjukkan konsumen tak hanya mencari promosi terbaik selama periode tertentu. Namun, konsumen juga melakukan hal serupa melalui berbagai perangkat. Karenanya, peritel harus beralih menggunakan penargetan lintas perangkat dan teknologi.

Hal itu dilakukan agar peritel dapat menangkap perilaku konsumen dan terlibat secara langsung. Dengan demikian, peritel dapat mengetahui waktu dan lokasi konsumen melakukan pencarian di internet dan melakukan pembelian.

STEVY WIDIA