HERO4EDU Gerakan Galang Pendanaan Untuk 5.000 Guru Daerah 3T

Hero4Edu

Soft Launching #HERO4EDU oleh CEO YCAB Foundation Veronica Colondam dan CoFounder IndoRunners Yasha Chatab. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), didukung oleh Fantastis Anak Bangsa (FAB) Indonesia, United Creative, dan Benih Baik menggagas gerakan sosial bertajuk “HERO4EDU”. Program ini bertujuan menggalang dana bagi 5.000 guru di daerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal) di seluruh Indonesia.

Saat ini, ada sebanyak 62 daerah yang membutuhkan perhatian khusus, lantaran kualitas pendidikan yang masih sangat rendah, angka anak putus sekolah yang tinggi, dan terutama kualitas dan kesejahteraan guru yang sangat memprihatinkan.

CEO dan Founder YCAB Veronica Colondam mengatakan, sebagai social enterprise yang fokus menciptakan kemandirian bagi anak muda prasejahtera melalui pendidikan dan pemberdayaan ekonomi, YCAB sejak lama percaya pada kekuatan pendidikan anak muda.

“Kami terus berupaya memaksimalkan kualitas pendidikan salah satunya melalui pemberdayaan guru di daerah 3T. Intervensi yang dilakukan YCAB tentunya tidak dapat berjalan sendiri. Bersama Anda, kita dapat menjadi bagian perubahan dengan mengajak semua orang ikut berkontribusi bagi guru di daerah 3T,” kata Veronica dalam keterangan pers, Kamis (10/11/2022).

Gerakan sosial HERO4EDU juga diikuti dengan kampanye viral di media sosial berjuluk #1000RupiahSaja, untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam membantu menggalang dana bagi para guru 3T. Bahkan hanya dengan 1000 rupiah saja pun, siapa saja bisa membantu para guru-guru ini – mengingat betapa pentingnya peran mereka untuk mendidik generasi penerus yang cemerlang.

Kampanye #1000RupiahSaja sudah diikuti oleh beberapa public figure seperti Andy F. Noya, Nadeo Winata, Irfan Bachdim, Novia Debbie, Hans Virgoro, M. S. Mujab, Evitha Thomas, Spaso, Andhika Wijaya, Jajang Mulyana, Eber Bessa, dan Hariono, dengan memposting foto diri masing-masing sambil memegang uang koin 1000 rupiah.

Selain berdonasi, masyarakat juga dapat berpartisipasi dengan berolahraga (berjalan/berlari/bersepeda) bersama secara virtual melalui platform aktivin yang dapat diakses melalui smartphone ataupun smart watch. Pendaftaran acara virtual berolahraga bersama dapat dilakukan melalui situs web resmi YCAB.

Dengan menggunakan aplikasi ini, penggalangan dana akan menggunakan gamifikasi dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja, selama periode 6 November hingga 25 Desember 2022. Dengan partisipasi dari komunitas lari terbesar di Indonesia, IndoRunners.

Selain menyumbang dan mengikuti kegiatan olahraga bersama, masyarakat juga dapat berpatisipasi dalam bentuk sponsorship. Penyaluran dana HERO4EDU bekerjasama dengan Benih Baik untuk melakukan verifikasi dan otentikasi 5.000 guru di daerah 3T yang benar-benar membutuhkan.

“Aksi nyata seperti ini sangat dibutuhkan, melalui HERO4EDU, kami mengajak semua lapisan masyarakat berpartisipasi dengan berolahraga bersama secara virtual untuk membantu meningkatkan kapasitas dan kemampuan TemanKita yaitu 5.000 guru di daerah 3T,” ungkap Andy F. Noya CEO dan Founder BenihBaik.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim turut memberikan apresiasinya kepada gerakan sosial HERO4EDU “Dengan gerakan ini, saya yakin kita dapat mengakselerasi upaya bersama dalam memerdekakan semua guru di Indonesia, dan mewujudkan cita-cita merdeka belajar,” ungkapnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version