Hindari Sinar UV Yang Dapat Merusak Mata Dengan Kacamata Khusus

Zeiss UVProtect Clear Lenses menjaga kesehatan mata dari paparan sinar UV. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Hidup di negra tropis seperti Indonesia membuat kita selalu terpapar sinar matahari. Akibatnya radiasi sinar ultraviolet (UV) bersifat esensial untuk kesehatan termasuk untuk mata. Sayangnya belum banyak yang tahu tindakan pencegahan yang dilakukan untuk melindungi penglihatan mereka.

Ada banyak alasan terjadinya pembiaran ini, karena banyak orang berpikir bahwa perlindungan dari sinar UV hanya dibutuhkan saat matahari bersinar sangat kuat dan bahkan mereka yang sudah memiliki sunglasses atau kacamata hitam juga tidak pernah memakainya. Padahal faktanya, sinar UV selalu ada setiap waktu, sepanjang hari, bahkan ketika cuaca mendung.

Astrianda N Suryono, Dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan, sinar UV adalah salah satu risiko bagi kesehatan mata.

“Radiasi sinar UV dapat menyebabkan proses katarak terjadi lebih cepat. Terlebih, menilik Indonesia dicurahi sinar matahari sangat tinggi,” kata dia dalam diskusi yang digelar oleh PT Optik Tunggal Sempurna dan Zeiss Indonesia belum lama ini di Jakarta.

Baca juga :   Ruangguru Luncurkan RuangBelajar, Platform Pembelajaran Digital

Menurutnya, menggunakan kacamata dengan UV protection, dapat menjadi cara paling efektif untuk melindungi ketika berada di tempat terbuka dalam waktu yang lama.

Perlindungan ini yang dihadirkan oleh Zeiss Indonesia. Ven Raman Managing Director South East Asia – Carl Zeiss Pte Ltd mengatakan, perlindungan terhadap sinar UV sangatlah penting bagi kesehatan penglihatan.

“Zeiss kini meningkatkan standar jangkauan UV Protection hingga mencakup 400 nm. Sebagai produsen lensa, hal ini menjadi tugas kami untuk aktif mengedukasi pengguna kacamata mengenai proteksi sinar UV dan hubungannya dengan kesehatan mata,” jelas Ven.
Menurutnya, sangat penting untuk menjelaskan bahwa radiasi sinar UV ada setiap saat, tidak hanya saat matahari bersinar terik, namun sepanjang waktu dan sepanjang hari bahkan ketika mendung.

“Warna lensa sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan perlindungan sinar UV, karena radiasi sinar UV terserap oleh material lensa,” tambahnya.

Sementara itu Chairman PT Optik Tunggal Sempurna sebagai pemegang lisensi resmi Zeiss di Indonesia, Alexander F Kurniawan, mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang optik dan alat kesehatan mata, pihaknya menyambut dengan sangat antusias kehadiran Zeiss UVProtect Clear Lenses.

Baca juga :   Pemerintah Akan Tetapkan Tarif Transportasi Online

“Kami mendapati banyak permasalahan mata yang terjadi salah satunya karena paparan sinar UV yang tinggi sehingga terjadi gangguan pada kesehatan mata seperti misalnya katarak,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tropis tentunya memerlukan perlindungan dari radiasi sinar UV. “Tak hanya pemakai kacamata dengan kebutuhan lensa korektif, namun juga mereka yang sering terpapar sinar matahari dalam aktivitas sehari-hari,” pungkasnya.

STEVY WIDIA