Minggu, 16 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Hipmi Jaya Dorong UKM Gunakan Platform Digital

23 Maret 2018
in News
Reading Time: 1 min read
HIPMI Jaya Dukung Pengembangan UKM

HIPMI Jaya Gelar UKM: Usaha Kecil Melejit"(Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) masih banyak yang belum terhubung dengan ranah digital. Berbagai cara dan upaya dilakukan pemerintah untuk mendorong hal itu.

Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemkop dan UKM) di tahun 2017 menunjukkan, kalangan pelaku UKM yang telah memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk, berada di angka 3,79 juta dari sebanyak 59,2 juta pelaku UKM.

Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (Hipmi Jaya), Afifuddin Suhaeli Kalla, mengatakan, data diatas menunjukkan, pengetahuan akan penggunaan platform digital masih sedikit diantara pelaku UKM.

“Meskipun pertumbuhan pelaku UKM di Indonesia berkembang dengan pesat, namun tidak diiringi dengan peningkatan pengetahuan mengenai platform digital untuk bisnis mereka,” kata Afi Kalla, dalam keterangannya belum lama ini.

Untuk itu Himpi menhadirkan platform BJtech. Menurut Afi, dengan adanya platform BJtech ini, tentunya semakin memudahkan kalangan pelaku UKM untuk dapat mengoptimalkan operasional dan bisnis mereka. “Melalui pemanfaatan platform digital seperti produk chatbot, tentunya dapat menjadikan kalangan pelaku UKM bisa naik kelas,” tambahnya.

Baca juga :   Shopee-Posindo Dukung UKM

Sementara itu, CEO PT Jualan Online Indonesia, Diatce G Harahap, mengatakan dengan penggunaan platform BJtech, siapa saja tidak perlu memiliki keahlian pemograman (coding) tertentu. Selain itu, chatbot juga dapat dibuat dengan waktu yang relatif cepat.

“Kami ingin menghilangkan batasan yang ada bahwa membuat chatbot itu sulit. Contohnya, bagi pelaku UKM dapat menggunakan chatbot sebagai digital customer care untuk 24 jam. Sementara bagi individu dapat menggunakan chatbot untuk kebutuhan mereka sehari-hari ataupun mengembangkan entertainment chatbot,” jelasnya.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: Hipmi JayaUsaha Kecil dan Menengah (UKM)
Previous Post

Teknologi Blockchain Memungkinkan Untuk Menyimpan Data Secara Aman

Next Post

Rp 8,2 Triliun, Penghasilan Mitra Go-Jek di Indonesia

Related Posts

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025
Headline

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025

7 Juli 2025
0
BNIdirect
News

UKM Rumah Tempe Azaki Tembus Pasar Ekspor Didukung BNIdirect

2 Juli 2025
0
XL Axiata
News

XL Axiata Dukung Digitalisasi UKM Dengan Solusi Digital dan Sisternet

20 Mei 2024
0
Load More
Next Post
Astra Investasi Modal Rp 2 Triliun di Go-Jek

Rp 8,2 Triliun, Penghasilan Mitra Go-Jek di Indonesia

Percepat Ekspansi dan Perluasan Jaringan, J&T Express Siapkan Lebih US$100 Juta

J&T Express Persingkat Distribusi ke Pedesaan

Lebih dari 1000 Mahasiswa Ikuti Kompetisi Solusi Kota Pintar

6 Daerah Paling Inovatif Peroleh Dana Rp 1 Miliar

Discussion about this post

Recent Updates

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version