youngster.id - Huawei Cloud Indonesia menggelar CTO joint innovation, “CXO-Camp”, di Bali, Indonesia. Acara tersebut, mengusung tema “Together for Digital Evolution”, dihadiri oleh CTO dan eksekutif terkemuka dari perusahaan global dan nasional, termasuk Deloitte Consulting, eclicktech, RCTI+, Astra Digital Arta, dan BNC.
CEO, Huawei Cloud Indonesia James Zhang mengungkapkan, rencana “CXO ENGINE”, serta mengulas tantangan baru dalam transformasi digital yang dihadapi perusahaan berbasiskan internet dan perusahaan konvensional.
“Huawei Cloud telah berkomitmen menyediakan layanan komputasi awan (cloud computing) yang reliabel, efisien, dan aman bagi klien korporasi dan individu di Indonesia. Kesuksesan di sektor digital hanya dapat tercapai ketika pemimpin industri di berbagai sektor berkolaborasi, berbagi ide, menyusun strategi, saling belajar dan berkembang, ” kata James dalam siaran pers, Kamis (31/8/2023) pada acara yang berlangsung di Bali.
Para peserta acara membagikan perspektif tentang inovasi dan praktik transformasi digital, mencakup sejumlah tren dalam digitalisasi, aplikasi teknologi canggih, serta peluang bisnis yang dihadirkan kecerdasan buatan (AI). Target utama acara ini adalah menghasilkan kontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sekaligus merumuskan langkah-langkah baru menuju perkembangan sektor digital di Indonesia.
Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia YM. Djauhari Oratmangun menekankan pentingnya digitalisasi untuk pertumbuhan pada masa depan. Djauhari juga mengemukakan potensi ganda dari teknologi digital di berbagai sektor, serta memaparkan tantangan dan peluang teknologi digital. Selanjutnya, dia menggarisbawahi, transformasi digital merupakan proses panjang yang menuntut upaya kolektif dan inovasi agar berjalan efektif.
Membahas peran inovasi sebagai katalis penting bagi pertumbuhan ekonomi digital, Budi Prawara, Kepala Organisasi Riset Elektronika dan Informatika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), memaparkan empat komponen penting dalam digitalisasi. Faktor-faktor ini terdiri atas meningkatkan pembinaan SDM digital; menciptakan lingkungan operasional yang kondusif (termasuk meningkatkan kesadaran publik tentang kerangka regulasi dan AI); mempromosikan inovasi digital di bidang-bidang riset, pengembangan, dan investasi berdasarkan strategi pemerintah; serta, berfokus menyempurnakan kapabilitas bisnis yang berpusat pada kewirausahaan dan aktivitas investasi, serta pemberdayaan AI.
Sementara itu Kepala Organisasi Riset Elektronika dan Informatika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Budi Prawara, membahas peran inovasi sebagai katalis penting bagi pertumbuhan ekonomi digital.
“Ada empat komponen penting dalam digitalisasi. Faktor-faktor ini terdiri atas meningkatkan pembinaan SDM digital; menciptakan lingkungan operasional yang kondusif (termasuk meningkatkan kesadaran publik tentang kerangka regulasi dan AI); mempromosikan inovasi digital di bidang-bidang riset, pengembangan, dan investasi berdasarkan strategi pemerintah; serta, berfokus menyempurnakan kapabilitas bisnis yang berpusat pada kewirausahaan dan aktivitas investasi, serta pemberdayaan AI,” paparnya.
Huawei Cloud juga telah melansir rangkaian solusi transformasi digital yang ikut memodernisasi perusahaan Indonesia. Menurut Global CPO, Huawei Cloud, Fang Guowei, Huawei Cloud membekali klien di Indonesia dengan berbagai jenis kapabilitas komprehensif. Dengan demikian, klien di Indonesia dapat mempercepat transformasi digital dan menawarkan Infrastructure-as-a-Service, Technology-as-a-Service, dan Experience-as-a-Service. Platform Huawei Cloud tetap berkomitmen meningkatkan litbang. Tujuannya, menghadirkan platform dan layanan cloud yang mutakhir, serta memandu klien dalam mengadopsi, menggunakan, dan mengelola sarana cloud.
Penyedia layanan cloud ini juga tengah mengembangkan produk dengan mendorong inovasi full-stack dalam infrastruktur cloud, menjadi pembuat terobosan dalam teknologi cloud-native. Huawei Cloud pun membantu instansi pemerintah dan perusahaan mencapai integrasi cloud dan terus berinovasi dalam sektor-sektor baru, seperti data, media, serta AI. Visi tersebut sejalan dengan misi Huawei, yakni menciptakan komputasi awan yang tersedia di setiap tempat (ubiquitous cloud), menjamin kehadiran teknologi pintar di berbagai titik, serta bekerja sama membangun pondasi cloud demi dunia yang pintar.
Indonesia selalu menjadi pasar strategis bagi Huawei Cloud di Asia Pasifik. Pada 2022, Huawei Cloud meluncurkan cloud region lokal di pasar Indonesia. Lewat langkah ini, Huawei Cloud menyediakan layanan yang semakin baik dan aman bagi klien lokal, sekaligus berkontribusi terhadap Visi 2045 Indonesia dengan aktif membantu transformasi digital yang dijalankan perusahaan lokal.
STEVY WIDIA
Discussion about this post