Huawei Indonesia Gelar Tech Day di ITB dan Unpad

PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) menggelar Tech Day di Universitas Padjajaran. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) menggelar Tech Day di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran, di Bandung, Jawa Barat.

Hal itu sebagai bagian dari roadshow program Huawei Smartgen. Selina Wen, Director of Public Affairs and Communication Huawei Indonesia, berharap generasi muda bisa berpartisipasi dalam membangun perkembangan teknologi di negeri sendiri.

“Dengan adanya infrastruktur TIK (teknologi, informasi, dan komunikasi) yang mapan serta sumber daya manusia yang kuat, akan terwujud masyarakat berbasis teknologi yang pada akhirnya berpengaruh mendorong nilai ekonomi,” ujarnya dalam keterangan tertulis Minggu (28/5/2017).

Dengan mengusung dua tema besar, yakni Smartgen in Telemotion: Emporwering Indonesia to be a Technosociety dan Smartgen: The Future of The Internet of Things, program itu mendatangkan berbagai pakar, pengamat, dan akademisi di bidang TIK.

“Program ini untuk berbagi pengetahuan mengenai perkembangan teknologi terkini dan pemanfaatannya bagi masyarakat dan dihadiri 500 mahasiswa dari berbagai jurusan dari dua universitas tersebut,” tambah Selina.

Menurut dia, saat ini penggunaan Internet di Indonesia sudah mencapai 82 juta orang dan berada di peringkat kedelapan di dunia. Hanya saja, potensi tersebut belum berbanding lurus dengan kemajuan teknologi dalam negeri. Terbukti, riset dan pengembangan produk teknologi lokal masih jauh tertinggal dari negara lain.

Mahasiswa diharapkan berkontribusi terhadap kemajuan TIK dan berperan aktif dalam pengembangan dan riset teknologi lokal sebagai upaya membangun masyarakat tekno di Indonesia.

Dengan tingkat partisipasi yang tinggi dari para alumni, diharapkan Indonesia tak sekadar menjadi pasar potensial, tetapi juga pemain di ranah lokal dan internasional.

STEVY WIDIA