Huawei Luncurkan Prosesor dan Framework Komputasi AI Terdepan

Eric Xu, Rotating Chairman Huawei pada peluncuran Ascend 910. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terus terjadi. Semakin banyak platform, tools dan aplikasi yang dikembangkan menggunakan teknologi AI. Bahkan, teknologi ini tidak hanya berpengaruh pada perkembangan software dan industri telekomunikasi tapi juga di segala bidang kehidupan manusia.

Yang terbaru adalah dari Huawei, yang meluncurkan Ascend 910, prosesor AI terkuat di dunia saat ini, serta MindSpore, framework komputasi AI untuk segala macam skenario penerapan.

“Kami bangga dapat meluncurkan Ascend 910 dan MindSpore, portofolio AI full-stack paling mutakhir untuk segala macam skenario pada hari ini. Peluncuran ini sekaligus menandai babak baru bagi Huawei dalam mengusung strategi AI,” ungkap Eric Xu, Rotating Chairman Huawei dalam keterangan resmi, Senin (26/8/2019).

Dia menjelaskan, Ascend 910 adalah prosesor AI mutakhir dari Huawei, masuk ke dalam jajaran chipset Ascend-Max. “Ascend 910 berhasil menunjukkan performa yang mampu mengungguli seluruh prosesor AI yang ada di pasar saat ini,” ujar Xu.

Huawei menggunakan Ascend 910 pada proses model training teknologi AI. Pada kesempatan yang sama, Huawei juga meluncurkan MindSpore, yakni framework komputasi AI yang mendukung pengembangan aplikasi-aplikasi AI untuk segala jenis skenario penerapan.

Baca juga :   Qlue Luncurkan Kampanye “Merdeka Berjalan Kaki”

Desain dengan konsep “AI Algorithm as Code” yang diusung dalam MindSpore memudahkan pengembang dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi AI canggih, sekaligus dalam melakukan training pada model yang telah mereka bangun, dengan cepat.

Xu menegaskan, Huawei teguh berkomitmen untuk terus berinvestasi pada pengembangan teknologi prosesor AI yang mampu menghasilkan daya komputasi yang tinggi, adaptif, namun dengan biaya yang terjangkau. Ini sesuai dengan tren kebutuhan masa kini dalam menggelar skenario-skenario terapan yang canggih, seperti komputasi edge, sistem komputasi di kendaraan untuk mendukung kendaraan otonom, juga proses training teknologi lainnya.

Peluncuran Ascend 910 dan MindSpore menjadi tonggak baru bagi petajalan yang sudah disusun oleh Huawei dalam mengusung teknologi AI, sekaligus menjadi babak baru dalam pencanangan strategi berikutnya terkait teknologi AI.

 

STEVY WIDIA