Minggu, 26 Juni 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

HUT ke-277 Kota Solo, Penjualan UMKM Solo di Tokopedia Naik Lebih dari Lima Kali Lipat

16 Februari 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia - Solo

HUT ke-277 Kota Solo, Penjualan UMKM Solo di Tokopedia Naik Lebih dari Lima Kali Lipat (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Memperingati HUT ke-277 Kota Solo pada 17 Februari, Tokopedia bersama pemerintah kota dan mitra strategis lain terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk membantu UMKM Solo meningkatkan daya saing bisnis lewat teknologi.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan, selama kuartal IV/2021, UMKM Solo yang bergabung di kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Solo Tokopedia – salah satu turunan inisiatif Hyperlocal – mengalami lonjakan transaksi hingga lebih dari 5x lipat jika dibandingkan dengan yang belum mengikuti kampanye tersebut.

“Kampanye KTP juga mendorong tren belanja online masyarakat. Misalnya, kategori Rumah Tangga, Kesehatan, Fesyen, Elektronik hingga Makanan dan Minuman menjadi beberapa kategori Tokopedia yang paling laris di Solo sepanjang 2021,” ujar Astri, dalam keterangannya, Rabu (16/2/2022).

Demi meningkatkan keterampilan usaha UMKM Solo, Tokopedia juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital setiap bulannya. Para UMKM bisa mendapatkan pendampingan dan pembekalan dengan beragam topik terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan dari UMKM mentor lainnya.

Baca juga :   Musik Reggae Indonesia Mulai Bertransformasi ke Digital

Kangensolo merupakan salah satu contoh pelaku UMKM Solo yang telah merasakan dampak positif setelah mengikuti beragam turunan inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

“Kami mengapresiasi upaya Tokopedia yang konsisten mendukung Pemkot Solo dalam mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital. UMKM harus maju dan lebih melek teknologi agar dapat meningkatkan daya saing usaha sehingga masyarakat semakin mendukung produk UMKM dan pemulihan ekonomi nasional tercapai,” ujar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

 

Kangensolo, Lepaskan Kangen Kuliner Khas Solo

Berangkat dari kerinduan pada kuliner khas kota asalnya, Solo, Cyntia Andika Amarta memutuskan mendirikan Kangensolo dan bergabung di Tokopedia pada awal 2020. Dengan modal tekun dan pantang menyerah, ia menjual beberapa jenis camilan.

Baca juga :   Inisiatif Hyperlocal Dongkrak Transaksi UMKM Balikpapan Lebih dari Dua Kali Lipat Selama 2021

“Sejak pandemi, banyak bermunculan UMKM rumahan yang memproduksi kuliner khas Solo seperti ampyang (gula kacang), geti wijen (kue wijen) dan intip (kerak nasi). Akhirnya, saya gandeng produsen-produsen tersebut dengan harapan bisa ikut memberdayakan mereka,” ungkapnya.

Kini omzet Kangensolo lewat Tokopedia bisa mencapai hingga belasan juta rupiah setiap bulannya. Bahkan produk yang dihasilkan oleh para produsen rumahan yang digandengnya, kini juga dapat menjangkau berbagai daerah di Indonesia termasuk selama pandemi.

Di samping mendorong tumbuh kembang UMKM Solo, Tokopedia juga berkolaborasi dengan Pemkot Solo dalam hal perpajakan negara, contohnya pembayaran PBB secara online. “Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi PBB Online di Solo sebesar hampir 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020,” tutup Astri.

Baca juga :   Kemendag Gandeng Facebook Untuk Akselerasi Kemampuan Digital UMKM

 

FAHRUL ANWAR

Tags: HUT ke-277 Kota Soloinisiatif hyperlocalUMKM Solo
Previous Post

Startup Sampingan Ekspansi Ke Layanan di Industri Ritel

Next Post

Grup Modalku Raih US$144 Juta Dalam Putaran Pendanaan Seri C+

Related Posts

Telkomsel Awards 2022
News

Ini Talenta Industri Kreatif Digital Peraih Telkomsel Awards 2022

25 Juni 2022
0
GudangAda
News

GudangAda Hadirkan COD Untuk Permudah Transaksi Pedagang

25 Juni 2022
0
Nexticorn
News

NextiCorn Perketat Kurasi Startup Untuk NXC International Summit 2022

25 Juni 2022
0
Load More
Next Post
Modalku Salurkan Rp 1 Triliun Pinjaman Modal Usaha Bagi UMKM

Grup Modalku Raih US$144 Juta Dalam Putaran Pendanaan Seri C+

CEO Bukalapak Willix Halim

Willix Halim Ditunjuk Jadi CEO Bukalapak

realme 9 pro series

Usung Desain Futuristik, realme Luncurkan Dua Smartphone: realme 9 Pro+ & realme 9 Pro

Discussion about this post

Berita Terbaru

Telkomsel Awards 2022

Ini Talenta Industri Kreatif Digital Peraih Telkomsel Awards 2022

25 Juni 2022
0
Mastercard

Mastercard Berdayakan Perusahaan Rintisan Lewat Program Startup Path Open Banking

25 Juni 2022
0
GudangAda

GudangAda Hadirkan COD Untuk Permudah Transaksi Pedagang

25 Juni 2022
0
Nexticorn

NextiCorn Perketat Kurasi Startup Untuk NXC International Summit 2022

25 Juni 2022
0
Pandawa Agri Indonesia x Rabo Foundation

Agreetech Pandawa Agri dan Rabo Foundation Fasilitasi 225 Hektar Pertanian Berkelanjutan

25 Juni 2022
0
Command Center Telkom Integrated Operation Center

Dewan Ketahanan Nasional RI Kunjungi TIOC Telkom untuk Benchmark Pembangunan Crisis Center IKN

25 Juni 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version