iCIO Community Dukung Wujudkan Ekonomi Digital di Indonesia

iCIO Community kini menjadi organisasi yang berbadan hukum. (foto : Youngsters.id/Marcia Audita)

youngster.id - Saat ini pemerintah tengah memfokuskan diri untuk menjadikan Indonesia sebagai negara berbasis digital di segala sektor, terutama sector ekonomi. Berbagai komponen ekonomi digital terus ditingkatkan untuk terkoneksi langsung dengan jaringan internet. Dukungan akan hal itu juga dinyatakan oleh organisasi Chief Information Officer/CIO (iCIO Community).

Ini adalah organisasi yang terdiri dari sekumpulan CIO dan staf Teknologi Informasi (TI) dari berbagai sector bisnis yang telah dibentuk sejak 2013 lalu. iCIO Community adalah saran berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait dengan pemanfaatan TI bagi CIO untuk dapat proaktif menjawab tantangan bisnis melalui penggunaan TI yang tepat.

“Melalui sistem ekonomi digital dan iCIO Community, masing-masing pengusaha jadi bisa bersama-sama dalam membangun perekonomian Indonesia ke depannya. IT merupakan salah satu additional value, dan saya berharap untuk next generation banyak leadership yang meniti karir dalam system ekonomi digital yang ditargetkan akan menjadi industry terbesar di kawasan Asia Tenggara tahun 2020 nanti,” kata Ignasius Jonan Menteri Perhubungan RI pada peresmian Perkumpulan iCIO Community, Jumat (20/05/16) di Museum Nasional, Jakarta Pusat.

Baca juga :   XL Axiata Sediakan Akses Alternatif Ke Jaringan Internet Global

Dengan mengusung tema “Transforming Indonesia in to Digitally Empowered Nation”, peresmian dan dialog terbuka iCIO Community memiliki visi menjadi komunitas yang memiliki tanggung jawab sosial, sekaligus berperan secara nyata untuk kemajuan pembangunan TIK dan pemanfaatannya yang berkelanjutan bagi Indonesia dalam memberikan ragam aktivitas berbasis komunitas, seperti sesi kepemimpinan eksekutif, workshop dan edukasi, penelitian kolaboratif, forum online dan kegiatan sosial.

Agus Wicaksono Chairman iCIO Community mengatakan, iCIO Community kini menjadi organisasi yang berbadan hukum. Hal itu agar bisa secara lebih luas berkontribusi dan mejadi mitra pemerintah, intitusi pendidikan hingga organisasi masyarakat lainnya dalam pemanfaatan TIK secara berkelanjutan.

“iCIO Community akan menjadi asset berharga bagi Indonesia. Pengalaman CIO dalam memanfaatkan dan mengelola TI untuk mendorong inovasi dan membangun daya saing perusahaan adalah “best practice’ yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung visi pemerintah menjadi kekuatan baru di bidang ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara 2020 nanti,” kata Agus.

Dia menjamin iCIO Community akan lebih berpartisipasi secara lebih luas dalam mendorong pemanfaatan TIK di masyarakat.

Baca juga :   Nilai Ekonomi Digital Indonesia US$ 150 Miliar Tahun 2025

MARCIA AUDITA
Editor : Stevy Widia