youngster.id - Kualitas layanan publik dan industri berbasis pelanggan menjadi fondasi penting bagi negara maju. Dalam hal ini Indonesia terus melakukan transformasi layanan publik dan digital berbasis customer experience (CX) atau pengalaman pelanggan yang semakin maju.
Ketua Umum Indonesia Customer Experience Professional (ICXP) Dr Sri Safitri mengatakan, momentum ini harus mendorong semakin banyak organisasi Indonesia agar berani naik panggung global, sehingga semakin cepat bangsa ini bergerak menuju relevansi dan keunggulan.
“Sebagai penggerak CX di Indonesia, ICXP telah memainkan peran penting dalam menyiapkan organisasi yang ingin bersaing di tingkat global. Kami melakukan pendampingan intensif mulai dari penyelarasan strategi CX, penguatan budaya layanan, hingga benchmarking dan coaching yang dirancang untuk memastikan setiap organisasi mampu menunjukkan dampak nyata transformasinya,” ucapnya dikutip Senin (24/11/2025).
Hasilnya, tiga institusi nasional, BNI, BPJS Kesehatan, dan Kemendikdasmen berhasil meraih penghargaan International Customer Experience Awards (ICXA) 2025, salah satu ajang CX paling kompetitif di dunia.
“Keberhasilan kami membina organisasi Indonesia hingga masuk dan menang di ICXA membuktikan standar CX nasional kini telah selevel pemain global. Ketiganya menunjukkan, Indonesia mampu menghadirkan transformasi CX yang memiliki skala besar, kompleksitas tinggi, dan dampak nyata bagi masyarakat,” katanya.
Sri menambahkan, prestasi dunia tersebut juga membawa sejumlah manfaat strategis bagi Indonesia. Antara lain reputasi internasional meningkat sehingga membuka lebih banyak kesempatan kolaborasi global.
“Standar layanan nasional terdongkrak, mendorong sektor lain untuk melakukan transformasi serupa. Kepercayaan investor dan publik naik, karena layanan yang baik merupakan indikator ekosistem ekonomi yang sehat. Dan pemerintah semakin termotivasi mempercepat digitalisasi, dengan contoh nyata BPJS Kesehatan dan Kemendikdasmen sebagai role model,” katanya.
Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Indonesia bukan hanya mengikuti arus global, tetapi sudah mulai ikut membentuk standar layanan internasional.
“CX bukan proyek jangka pendek. Ini strategi bisnis yang menentukan daya saing organisasi. Kemenangan Indonesia di ICXA adalah bukti bahwa kita mampu bersaing, bahkan memimpin di panggung dunia,“ sambung Eva Y. Noor, Ketua Penasihat ICXP dan Juri ICXA.
Kemenangan ini juga memperkuat posisi Indonesia dalam perjalanan menuju Visi Indonesia 2045.
STEVY WIDIA



















Discussion about this post