IGSI Batch 02 Gelar External Demo Day Bagi 10 Startup

Nuon Digital Indonesia

Melon Indonesia melakukan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Industri game di Indonesia terus berkembang Indigo Game Startup Incubation (IGSI) menggelar External Demo Day secara online. Acara ini merupakan bagian dari program IGSI, yang memperlihatkan game yang telah dikembangkan oleh para peserta inkubasi batch ke-2 selama empat bulan masa inkubasi kepada para game publisher serta investor dan publik.

Dinoor Susatijo SM Indigo Management mengatakan, data Asosiasi Game Indonesia (AGI) menunjukkan pertumbuhan pengembang game di Indonesia naik 10% –20% di masa pandemi. Selain itu, Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang. Secara keseluruhan industri ini menghasilkan pendapatan sebesar sekitar Rp15 triliun, atau setara US$1,04 miliar pada 2019.

Dinoor juga mengungkapkan dua program utama di IGSI, yaitu DILo Game Academy (DGA) dan program inkubasi game startup. “Melalui program ini diharapkan talenta-talenta tersebut dapat saling berkolaborasi untuk mengembangkan sebuah startup game baru yang (dapat) menghasilkan karya yang (berpotensi untuk) tumbuh besar di pasar,” kata Dinoor dalam siaran pers, Sabtu (24/10/2020).

Untuk mendorong industri game terutama konten game yang dibuat oleh developer Indonesia dapat mendominasi pasar game nasional Telkom Indonesia bekerja sama dengan Agate, serta Melon Indonesia.

Dedi Suherman selaku CEO Melon Indonesia mengatakan, saat ini industri game di Indonesia ini masih dikuasai oleh produk dari luar negeri, padahal industri ini merupakan sebuah industri yang sangat menjanjikan.

“Kami berharap konten lokal (dan) game lokal bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri. Keterampilan, skill, dan kemampuan kita men-develop (mengembangkan) game menjadi kata kunci bagaimana game (kita) bisa menguasai pasar tanah air dan bisa diekspor ke luar negeri,” kata Dedi.

Pada IGSI batch ke-2. Setiap tim diberikan kesempatan untuk mempresentasikan game mereka, terutama pada para game publisher serta investor.

 

10 Hasil Game Peserta Program IGSI Batch 02

1. Dreams Studio: Milky Way: Idle Space Shooter.  Platform: Mobile. Genre: 3D Idle Space Clicker

2. Orange Games Production: Elementalist. Platform: Mobile. Genre: Role Playing Strategy, Fantasy

3. Alphac Studios: Labs 2045. Platform: Mobile. Genre: Action, Shooter

4. Last Boss Studio: Tower Dungeon. Platform: Mobile. Genre: Rhythm, Turn-Based RPG

5. Sweet Potato Studio: Witch Game. Platform: Mobile. Genre: Online-Multiplayer, Shooter

6. GrinSmile: (Don’t) Step on Me! Platform: Personal Computer (PC) Genre: Couch Party

7. 4Happy Studio: Who is He: Let Me Out. Platform: Mobile. Genre: Mystery, Puzzle, Horror, Adventure

8. Clay Game Studio: Faerie Afterlight. Platform: Personal Computer (PC). Genre: Adventure, Metroidvania, 2D Platformer, Action.

9. Studio Teamless: Make Peas not War.  Platform: Personal Computer (PC). Genre: Roguelite Dungeon Crawler

10. Pendopo Studio: Rendezvous.  Platform: Personal Computer (PC). Genre: Puzzle, Adventure.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version