Indonesia Peringkat ke-77 Untuk Kecepatan Internet

Penggunaan Internet di Indonesia terus meningkat. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Saat ini internet bisa dikatakan sudah menjadi bagian dari kehidupan modern masyarakat Indonesia. Menurut laporan SOTI Connectivity pada Q1 2017 dari Akamai, Indonesia menempati peringkat ke-77 dunia dalam hal kecepatan rata-rata internet.

Kecepatan Internet Indonesia sendiri berada di angka 7,2Mbps, meningkat sebesar 6,7% dari kuartal sebelumnya, dan meningkat 59% dari kuartal sebelumnya. Indonesia juga menempati urutan ke-13 dari 15 negara utama di kawasan Asia Pasifik, dan urutan ke-3 dari 6 negara utama di Asia Tenggara.

Jika diukur berdasarkan kecepatan tertinggi (peak speed) Indonesia berada di peringkat ke-43 dunia. Dibandingkan dengan 15 negara utama Asia Pasifik, Indonesia berada di urutan ke-8. Sementara dibandingkan di 6 negara utama di Asia Tenggara, Indonesia menmpati urutan ke-5.
Rata-rata puncak kecepatan internet di Indonesia sendiri ada di 66,1Mbps. Angka tersebut dikatakan menurun 40% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, Singapura merupakan negara dengan rata-rata kecepatan puncak internet tertinggi dunia, yaitu berada di angka 184,5Mbps.

Meski demikian, adopsi internet broadband di Indonesia terus meningkat. Untuk level kecepatan 4Mbps peningkatannya sebesar 66% dari tahun sebelumnya dengan adopsi sebesar 75%. Sementara Untuk level kecepatan 15Mbps memiliki adopsi 5% dengan pertumbuhan penggunaan hingga 520% dari tahun sebelumnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version