Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Indonesia Peringkat Ketiga Dunia Untuk Instal Aplikasi Keuangan

23 Juni 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
Aplikasi pengatur keuangan

Indonesia peringkat ketiga untuk instal aplikasi keuangan (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - AppFlyer merilis Laporan State of Finance App Marketing edisi 2021 yang menempatkan Indonesia sebagai negara peringkat ketiga di dunia dari 15 negara lain dalam hal menginstal aplikasi kategori Keuangan.

Indonesia unggul dari negara besar lain seperti Amerika Serikat (peringkat 4) dan Rusia (peringkat 5), namun masih kalah dari India dan Brazil yang menempati posisi pertama dan kedua.

Dengan jumlah populasi yang besar dan tingkat populasi underbank dan unbanked yang relatif tinggi, Indonesia juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang berada di posisi lima besar di peringkat negara yang menginstal aplikasi keuangan.

Laporan State of Finance App Marketing AppsFlyer 2021 meneliti 2,7 miliar instalasi aplikasi di Asia Pasifik di periode Q1 2019 dan Q1 2021, dari seluruh 4,7 instalasi aplikasi di seluruh dunia. Laporan ini juga memantau 600 juta instalasi non-organik dan 1.230 aplikasi yang terdaftar di pasar aplikasi Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Aplikasi yang masuk dalam kategori keuangan tersebut meliputi sub-kategori seperti bank digital, bank tradisional, layanan keuangan, pinjaman dan investasi online.

“Tahun 2020 adalah suatu momen game changer yang berdampak pada bagaimana bisnis dan konsumen berinteraksi dan beroperasi. Sektor fintech telah beradaptasi secara drastis pada berbagai perubahan lingkungan dan mengakselerasi transformasi digital, terutama di negara-negara berkembang dimana sangat banyak masyarakat yang belum punya rekening bank dan tidak memiliki akses ke perbankan,” kata Luthfi Anshari, Senior Customer Success Manager, APAC AppsFlyer.

Baca juga :   Telkom Ajak Ekosistem TIK dan Startup Gunakan Use Case Lab 5G

Biaya marketing aplikasi di Asia Tenggara secara umum bergantung pada permintaan pada aplikasi fintech. Seperti contohnya di Indonesia, laporan ini menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan biaya marketing meningkat sejalan dengan bertambahnya permintaan pada aplikasi fintech.

Pada kuartal kedua 2020, anggaran marketing berkurang hingga hampir 50% akibat pandemi global dan lockdown, namun disertai dengan pemulihan kondisi yang berjalan dengan cepat. Karena tingginya tingkat permintaan terhadap solusi pembayaran touchless (nirsentuh), permintaan pada aplikasi fintech pun bertambah hingga 75%. Marketer di Indonesia pun melanjutkan pengeluaran iklan demi melakukan kembali akuisisi user baru. Terlihat dari peningkatan biaya yang drastis hingga 180%, dari Q2 2020 sampai Q1 2021, yang kemudian menyebabkan instalasi non-organik, dengan tingkat pemulihan sebesar 26% di periode waktu yang sama.

Baca juga :   Borong Bareng Luncurkan Aplikasi eCommerce

Secara rerata marketer di Asia Tenggara menghabiskan total US$ 244 juta untuk berinvestasi pada aplikasi fintech untuk menggaet user baru pada 2020. Secara global, sebanyak total US$ 3 miliar (setara sekitar Rp 43,2 triliun) dihabiskan pada 2020.

Di Indonesia, para pengguna umumnya men-download aplikasi Layanan Keuangan – termasuk aplikasi mobile payment dan kartu kredit – dan juga aplikasi Pinjaman. Dua kategori besar ini berkontribusi besar terhadap jumlah total download di Indonesia.

Meskipun tingkat fraud instalasi aplikasi cukup tinggi di Asia Tenggara, terutama pada sejumlah level fraud pada jenis Keuangan – negara-negara di wilayah ini alami penurunan tingkat fraud antara Q1 2020 dan Q1 2021 di seluruh kategori. Fraud pada aplikasi Layanan Keuangan – sebagai jenis aplikasi paling populer digunakan di Indonesia – mengalami tingkat penurunan yang drastis sebesar 48%.

Baca juga :   Lintasarta Beri Solusi Komunikasi Terpadu Pelaku Bisnis

“Seiring meningkatnya aplikasi pembayaran touchless di negara ini, para marketer harus fokus dalam memenuhi peningkatan demand ini melalui kampanye remarketing dan akuisisi pengguna agar berhasil di antara para pesaing,” pungkas Luthfi.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: AppFlyerinstal aplikasi keuanganpopulasi underbank dan unbanked
Previous Post

Kredivo Peroleh Pendanaan Lini Kredit Kedua dari VPC Sebesar US$ 100 Juta

Next Post

SATRIA Perkuat Konektivitas Digital Nusantara

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
SATRIA

SATRIA Perkuat Konektivitas Digital Nusantara

Paypazz Buku

Bidik UMKM, Payfazz Luncurkan Payfazz Buku

aplikasi Aku Pintar

Aku Pintar Jadi Salah Satu Aplikasi Pendidikan yang Sering Digunakan Siswa

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version