Indonesia Shopping Festival 2023 Kedepankan Eksplorasi Budaya dan Kuliner Nusantara

Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023

Pembukaan Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Indonesia Shopping Festival 2023 secara serempak di seluruh pusat belanja di Indonesia. Target acara ini adalah peningkatan jumlah pariwisata lokal dan international, penjualan di bidang retail, dan mengedepankan UMKM dan ekonomi kreatif.

“Melalui Indonesia Shopping Festival 2023 yang diadakan beriringan dengan semangat kemerdekaan RI ke-78, APPBI optimis turut berperan aktif mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya industri retail demi membangun perekonomian yang lebih hebat lagi,” kata Alphonzus Wijaja, selaku Ketua Umum DPP APPBI dalam keterangannya, Kamis (10/8/2023).

Menurut dia, Indonesia Shopping Festival 2023 akan fokus mengembangkan serta mengeksplor kebudayaan dan makanan Indonesia. Seperti, eksplor sajian nusantara yakni pesta durian dengan mengangkat durian lokal Indonesia di Kota Kasablanka, Jakarta.

Sementara untuk melestarikan kerajinan asli Indonesia akan ada pameran produk dalam negeri dan UMKM seperti di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta gelar JF3 Kampoeng Tempoe Dulu 2023, di ASHTA, Jakarta adakan pameran Heart in Art, Indonesia’s Creativity Unchained dan Semarang, di DP Mall gelar pagelaran fesyen desainer lokal & UMKM. Kemudian untuk di kota lainnya seperti di Sidewalk Jimbaran Bali mengadakan trunk show Endek & Kebaya Bali oleh UMKM Ibu Gubernur Bali.

Selain itu, acara yang berlangsung hingga 20 Agustus 2023 ini juga menyajikan pertunjukan kesenian daerah seperti di Supermal Karawaci, Tangerang gelar tarian Daerah Jawa Timur, Minangkabau, dan Betawi.

Indonesia Shopping Festival 2023 merupakan inovasi yang dilakukan oleh APPBI dari program Indonesia Great Sale yang sebelumnya diadakan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Didukung oleh Kementrian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Indonesia Shopping Festival 2023 akan dipenuhi dengan diskon spesial hingga 78%. Tidak berhenti disitu saja, selama periode Indonesia Shopping Festival 2023, akan ada midnight sale di Grand Indonesia, Jakarta, dan 23 Paskal Shopping Center, Bandung.

Ketua Umum DPP Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Hariyadi Sukamdani mengatakan, dengan adanya dukungan oleh pegiat UMKM dalam mengeksplorasi produk khas daerah dan makanan nusantara di pusat belanja, dapat secara aktif mendukung roda perekonomian Indonesia menjadi semakin maju.

“Kami mendukung penuh kegiatan Indonesia Shopping Festival 2023, mengingat berkolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya para pelaku usaha retail untuk mengedepankan UMKM dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan jumlah wisatawan negara hingga wisatawan mancanegara.“ pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version