Indosat Ooredoo dan Snapchat Kembali Gelar IDCamp Developer Challenge

Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo Catatkan Kenaikan Trafik Data 24% di Momen Tahun Baru (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Indosat Ooredoo bersama dengan Snapchat akan menggelar IDCamp Developer Challenge yang ketiga yaitu AR Creator Holiday Series. Tantangan yang bertujuan untuk meningkatkan ekosistem Augmented Reality (AR) di Indonesia ini mengajak developer Indonesia untuk membuat lensa AR dengan Lens Studio, aplikasi desktop gratis dari Snap.

Pengumpulan karya lensa dimulai pada 1 November dan akan berakhir pada 8 Desember. Pemenang akan diumumkan pada 17 Desember 2021.

Menyusul keberhasilan dua tantangan pertama yaitu Lensathon Ramadan dan Hari Kemerdekaan, tantangan terakhir untuk tahun ini memiliki tema kemeriahan yaitu Holiday Series. Karya lensa akan dinilai berdasarkan kriteria yang serupa dengan dua tantangan sebelumnya: seperti kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan.

“Antusiasme yang ditunjukkan oleh peserta menunjukkan bahwa Indonesia berada di jalur yang tepat untuk menjadi negara yang semakin digital. Developer dan programmer muda Indonesia menjadi semakin terlibat dan terampil, dan kami bersemangat mengenai bagaimana mereka akan memanfaatkan kekuatan teknologi AR. Kami menantikan kreasi lensa yang lebih kreatif untuk IDCamp Developer Challenge AR Creator ketiga dan terakhir kami tahun ini. Kami menyakini dengan inisiatif ini, akan membawa para talenta digital Indonesia untuk semakin siap menjadi creative player di dunia metaverse mendatang,” kata Arief Musta’in, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, dalam keterangan pers (30/11/2021).

Seri IDCamp Developer Challenge pertama, yang dimulai pada bulan April, berfokus pada festival Ramadhan dan berlangsung selama empat minggu. Lebih dari 2.000 karya lensa dikirimkan, dan 100 pemenang dianugerahi hadiah 2.500 poin. Desain lensa pemenang termasuk ekspresi menggunakan pola dan simbol Indonesia, komedi seputar adat istiadat setempat, dan perayaan momen spesial Ramadan.

Tangkap THR dan Makan Ketupat adalah dua kreasi lensa pemenang hasil karya Rizky Adi, mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta, 21 tahun, yang menjadi Creator pertama di Indonesia dalam Snap Lens Network.

Pada bulan Agustus, Indosat Ooredoo dan Snap mengadakan tantangan kedua untuk seri IDCamp Developer Challenge, Lensathon Hari Kemerdekaan. Sesuai dengan tema nasional “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, Lensathon ini menjadi ajang bagi peserta untuk mengungkapkan harapan dan visinya untuk Indonesia yang tangguh dan berkembang di tengah pandemi.

Lebih dari 400 karya lensa dikirimkan dan dinilai berdasarkan kriteria seperti kompleksitas, kreativitas, dan fungsionalitas. Desain lensa tiga pemenang teratas adalah: Tarik Wajah HUT RI oleh Mario Alfredo Bawu; Panjat Pinang oleh Faraaz Ahmad dan Merdeka Adventure 2 oleh Ziqi Maulana.

“Developer Challenge yang sedang berlangsung adalah investasi Snapchat dalam menumbuhkan komunitasnya di Indonesia melalui tema perayaan lokal yang relevan, pelibatan komunitas, dan kemitraan yang bermakna, seperti dengan Indosat Ooredoo ini. Kami sangat senang dengan antusiasme dan keterlibatan yang ditunjukkan oleh komunitas di Indonesia untuk dua developer challenge sebelumnya. Kami sangat antusias untuk melihat kreasi lensa di challenge terakhir kami, Holiday Series,” kata Anubhav Nayyar, Director of Market Development SEA, Snap.

Indosat Ooredoo dan IDCamp Developer Challenge ketiga dari Snap, yaitu Holiday Series, akan menutup tahun 2021 dengan perayaan kreativitas dan inovasi yang meriah.

Kreator dari 3 karya lensa pemenang teratas akan menerima masing-masing iPhone XR baru. Selain itu, 50 pemenang AR Lens teratas akan menerima 2.500 poin untuk mengakses materi pelajaran tambahan atau menukarnya dengan hadiah.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version