Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Industri Game Indonesia Hasilkan US$1 Miliar di 2019

5 Juli 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Giring Mengubah Arah Bisnis Kincir.com

Giring Ganesha Presiden Indonesia Esports Premier League (Foto: Stevy Widia/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Industri gaming di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang dan bersaing dalam pasar internasional. Secara keseluruhan di tahun 2019 industri ini menghasilkan pendapatan sebesar US$1,04 miliar.

Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL) Giring Ganesha, mengatakan bahwa e-sports juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan bagi generasi muda yang sangat akrab dengan perkembangan teknologi.

“Industri gaming di Indonesia makin diakui eksistensinya. Data dari IESPL di 2019 menunjukkan, Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang. Secara keseluruhan di tahun 2019, industri ini menghasilkan pendapatan sebesar US$1,04 miliar,” ungkap Giring dalam Webinar Seri Ngobrol Parekraf dengan tema “Potensi Besar Industri Gaming di Indonesia” baru-baru ini.

Baca juga :   IGSI Batch 02 Gelar External Demo Day Bagi 10 Startup

Giring menyampaikan tiga alasan yang membuat e-sports kian populer di kalangan masyarakat. Yang pertama adalah shifting from PC to mobile yang menunjukkan pergeseran tren penggunaan game ke perangkat yang lebih praktis dan simpel, yaitu melalui telepon genggam.

Kedua, shifting from single to multiplayer, yang berarti peminat game sekarang lebih memilih untuk memainkan game yang bermode multipemain karena dapat membangun semangat kebersamaan. Ketiga, shifting from playing to watching, yang dilakukan oleh peminat game untuk menonton pemain lain berstrategi dalam menyelesaikan sebuah game melalu berbagai platform digital.

“Tidak dapat dimungkiri lagi, industri gaming memiliki potensi yang besar bagi Indonesia. Pengembang game seperti Agate, berasal dari Bandung, berhasil merilis game berjudul Valthirian Arc: Hero School Story dan mampu meraih pemasukan sebesar US$1 juta. Jenjang karir e-sports pun tak kalah hebatnya, banyak sekali pemain e-sports bertalenta yang sudah mengharumkan nama bangsa, seperti Rizki Faidan yang berhasil meraih juara pertama dalam ajang PES League Asia Finals 2019 dan terkenal sebagai salah satu atlet e-sports ternama di Asia Tenggara,” ungkapnya.

Baca juga :   Diakuisisi HKEsports, Gamebrott.com Siap Menembus Asia Tenggara

Giring juga menilai dukungan pemerintah terhadap industri gaming selama ini sudah cukup baik. Hal itu terlihat dari penyelenggaraan kompetisi e-sports yang secara rutin dilakukan oleh pemerintah seperti kompetisi Piala Presiden Esports 2019 dan 2020.

“Saat ini atlet gaming Tanah Air memiliki potensi besar untuk membawa nama baik Indonesia ke tingkat internasional, sama halnya dengan atlet olahraga lainnya. Impian kami semua di IESPL adalah untuk melihat makin banyak atlet e-sports menjadi juara mewakili Indonesia di atas panggung kompetisi e-sports internasional dan melihat bendera merah putih berkibar dengan iringan lagu Indonesia Raya,” kata Giring.


STEVY WIDIA

Tags: Giring Ganeshaindustri game
Previous Post

Pijar Mahir Gelar Pelatihan Bisnis Kuliner

Next Post

Studi Nielsen: Perilaku Konsumen Berubah di Masa Kenormalan Baru

Related Posts

Secinta Itu Sama Sinema
News

Program ‘Secinta Itu Sama Sinema’ Jaring 440 Sinopsis, Tiga Film Pemenang Tayang di JAFF 2024

9 Januari 2025
0
Lirik Potensi Industri Game, Bank Mandiri Gelar Livin’ Gamers Festival 2024
Headline

Lirik Potensi Industri Game, Bank Mandiri Gelar Livin’ Gamers Festival 2024

23 September 2024
0
Agate
Headline

Agate Komitmen Ekspansi Global dengan Keamanan Data

25 April 2024
0
Load More
Next Post
Daya Beli Masyarakat Diprediksi Menguat Pada 2018

Studi Nielsen: Perilaku Konsumen Berubah di Masa Kenormalan Baru

Gredu

Gredu Hadirkan Fitur Baru Penunjang Belajar Jarak Jauh

UCWeb Rancang Browser Khusus untuk Huawei HMS

Huawei Mobile Services Alternatif Baru Bagi Layanan Mobile di Smartphone

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version