Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Industri Game Lokal Baru Kuasai 0,5% Pasar di Indonesia

8 Oktober 2024
in News
Reading Time: 2 mins read
Industri Game Lokal Baru Kuasai 0,5% Pasar di Indonesia

Menparekraf Sandiaga Uno mencoba Gim Paw Rumble karya Grinsmile dari Nuon Games. (Foto: istimewa/Nuon)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pasar game di Indonesia diperkirakan akan mencapai 102,4 juta pengguna dengan proyeksi volume pasar sebesar US$ 550 juta pada tahun 2029 mendatang. Sayangnya, saat ini industri game lokal hanya menguasai 0,5% pasar.

Untuk mendorong pertumbuhan industri game nasional, PT Nuon Digital Indonesia menggelar kampanye Ayo HARGAI bertajuk “Bangga Main Gim Lokal”. Termasuk mengadakan acara Main Bareng (MaBar) game lokal bersama para pejabat tinggi negara, asosiasi, kepala daerah, dan pelaku industri.

CEO Nuon Aris Sudewo menyatakan, saat ini dalam ekosistem game nasional masih didominasi oleh produk luar negeri. Game lokal hanya menguasai 0,5% pasar dalam negeri, sebuah angka yang sangat kecil dibandingkan 99,5% game impor.

Baca juga :   Gerakan Pentahelix Salurkan 5 Juta Masker Medis Untuk 20 Wilayah di Indonesia

“Kami percaya bahwa Indonesia memiliki potensi besar di sektor ini, dan acara ini adalah bagian dari upaya kami untuk membangkitkan kebanggaan terhadap karya anak bangsa sekaligus memperkuat fondasi industri gim nasional bersama para pemangku kepentingan,” ucap Aris dalam keterangannya dikutip Selasa (8/10/2024).

Menurut dia, Mabar game lokal ini menjadi simbol bahwa kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri adalah kunci untuk mengubah dinamika pasar. Game buatan lokal yang disajikan adalah Paw Rumble dan Dreadhaunt hasil publishing Nuon.

“Kami berharap tidak hanya menampilkan kualitas produk game lokal tetapi juga memicu diskusi penting tentang peran pemerintah dalam mendukung industri pertumbuhan kreatif. Karena kita tidak hanya berbicara tentang industri gim sebagai sebuah kegiatan hiburan saja, tetapi soal mendorong peningkatan ekonomi kreatif yang dapat menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjut Aris.

Baca juga :   Game Lokal Harus Jadi Tuan Rumah Di Negeri Sendiri

Nuon bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan BRIN juga memperkenalkan Game Asset Nusantara (GANA), sebuah platform inovatif yang menyediakan berbagai aset digital seperti karakter 3D dan efek visual untuk mempercepat proses pengembangan konten oleh pengembang gim dan kreator.

GANA juga berfungsi sebagai marketplace, memungkinkan kreator untuk menjual dan mendistribusikan aset mereka secara komersial, sehingga mendukung ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan. Platform ini dapat diakses melalui https://gana.nuon.digital. Inisiatif ini merupakan terobosan untuk membuka ruang bagi talenta lokal untuk lebih mudah berkembang di tengah ketatnya persaingan global.

“Nuon berkomitmen untuk terus mendorong kolaborasi antara pelaku industri dan pemerintah, sehingga gim lokal tidak hanya mampu bersaing di pasar dalam negeri, tetapi juga menjadi kebanggaan di tingkat internasional. Dengan potensi talenta yang kita miliki, saatnya game lokal tampil sebagai kekuatan utama dalam ekonomi kreatif Indonesia,” tutup Aris.

Baca juga :   TCash Siap Jadi Jalur Penjualan Produk Operator Lain

 

STEVY WIDIA

Tags: Dreadhauntgame lokalPaw RumblePT Nuon Digital Indonesia
Previous Post

Program JAGO Jadikan Ratusan UMKM “Naik Kelas” Lewat Teknologi Digital

Next Post

Huawei Perbarui Komitmen Kembangkan Talenta Digital untuk Indonesia Emas

Related Posts

Paw Rumble
News

Unduhan Game “Paw Rumble” Tembus 2 Juta

5 Maret 2024
0
game loka
News

Miris, Game Lokal Hanya Menguasai 0,5% Pasar Game di Indonesia

6 November 2022
0
WIR Soulcops
Headline

Soulcops dan WIR Group Hadirkan IP Lokal di Dunia Metaverse

10 Mei 2022
0
Load More
Next Post
Huawei Perbarui Komitmen Kembangkan Talenta Digital untuk Indonesia Emas

Huawei Perbarui Komitmen Kembangkan Talenta Digital untuk Indonesia Emas

fintech Surfin

Fintech Surfin Kantongi Pendanaan Sebesar US$12,5 Juta dari Insignia Ventures Partners

Tim BOOM Esports

Boom Esports dan RRQ Wakili Indonesia di VCT Pacific 2025

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version