Industri Wisata Mulai Pulih, Penjualan tiket.com Melonjak Drastis di Q3 2020

Gaery Undarsa

Gaery Undarsa, Chief Marketing Officer tiket.com. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Industri pariwisata mulai menunjukkan tanda-tanda membaik. Tren staycation dan berlibur di dalam kota menunjukkan hal itu. Salah satu online travel agent Indonesia yaitu tiket.com mengklaim pertumbuhan triple digit untuk pemesanan tiket pesawat dan akomodasi hotel pada kuartal ketiga 2020 ini.

Gaery Undarsa, Chief Marketing Officer tiket.com antuasias menyambut Q4 hingga 2021, “Kami sangat optimis dalam menyambut kehadiran Q4 karena pemulihan

sektor industri pariwisata nasional tengah terjadi. tiket.com sebagai salah satu pelaku industri pariwisata terbesar di Indonesia siap untuk menjadi yang pertama mendukung penuh kebangkitan pariwisata Indonesia,” kata Gaery dalam jumpa pers virtual, Senin (2/11/2020).

Menurut dia, pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini. tiket.com, mencatat penjualan tiket penerbangan yang meroket 3 kali lipat atau sebesar 240% dibandingkan Q2 2020. Kemudian, reservasi hotel pun meroket sebanding di angka 250% pada periode yang sama (Q3 2020).

“Pemulihan pariwisata bertumbuh seiring dengan mulai dibukanya sejumlah destinasi wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan dan optimisme masyarakat untuk kembali liburan – hal tersebut terbukti dengan menurunnya tren refund dan reschedule,” kata Gaery lagi.

Dia juga menunjukkan pada Q2 2020, tiket.com catat penurunan permintaan refund dan reschedule hingga 33% dibandingkan dengan Q1 2020. Sedangkan pada Q3 2020, permintaan refund dan reschedule yang tiket.com layani pun merosot 78% dibandingkan pada Q2 2020. Secara keseluruhan, pada Q3 2020, tiket.com telah menangani dan menyelesaikan 97% permintaan refund dan reschedule.

“Dengan melonjaknya angka transaksi dan jumlah pengguna di aplikasi tiket.com, serta menurunnya angka refund dan reschedule, kami sangat siap melayani semua kebutuhan masyarakat Indonesia untuk berpergian dan berlibur secara aman dan nyaman sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah,” kata co-founder tiket.com ini.

Sejak Q3 2020, tiket.com gencar menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan serta cek status Covid-19 di destinasi wisata. tiket.com juga menghadirkan kampanye Liburan Dekat Rumah (LDR) untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat agar menjelajahi destinasi pariwisata lokal.

Selain kampanye promosi nasional, aplikasi dan situs pun semakin dilengkapi dengan ragam fitur yang relevan. Seperti fitur tiket.com bagi Sobat Tiket sebagai panduan dalam memilih partner berlabel tiket CLEAN untuk hotel, jasa sewaan mobil, atau produk pariwisata lainnya, karena telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan. Selain itu ada tiket Flexi dalam aplikasi tiket.com yang memberikan kebebasan menentukan tanggal nginep kapan saja hingga tahun 2021.

Pada Q4 2020, tiket.com mendorong promosi destinasi domestik. Selain itu, sambut liburan panjang akhir tahun dengan jajaran promo spektakuler untuk pembelian tiket pesawat, kereta api, reservasi hotel, serta destinasi aktivitas wahana lokal.

“Kami siap untuk akselerasi dan antisipasi lonjakan permesanan tiket, akomodasi, serta aktivitas To Do, karena dari sisi kami, tidak ada pengurangan kapasitas, baik karyawan, sistem, development, dan sebagainya. Kami terus mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI memulihkan industri pariwisata lokal. Sekaligus terus mengingatkan masyarakat untuk tetap tekun dan taat dalam menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik demi kebaikan bersama,” tutup Gaery.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version