Ingin Berkarier di Industri Esports? Ini Keahlian yang Harus Kamu Miliki

beasiswa Moonton Games

Kembangkan Talenta eSports, Moonton Games Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Memasuki 2022, perkembangan industri esports tampaknya masih belum akan berhenti. Tentunya, ada peluang besar untuk berkarir di industri esports. Apa saja peluang karier di industri esports, dan keahlian apa yang harus dimiliki?

Untuk itu UniPin Community (UNITY) beberapa waktu lalu menyelenggarakan webinar bertajuk “Meniti Karier Dalam Industri Esports”, dengan menghadirkan tiga orang narasumber untuk membagikan pengalaman mereka dalam berkarier, khususnya kaitannya dengan industri esports. Berbagai permasalahan seperti tantangan-tantangan harus dihadapi, dan jalan keluar yang mereka temukan hingga akhirnya sukses berkarier di industri esports juga dibahas secara lengkap dalam webinar ini.

Kevin Reinaldy, Business Development & Partnership Manager Wall Street English Indonesia dalam paparannya menyebutkan lima peluang karier paling populer di industri esports. Berdasarkan data dari Forbes, kalau di esports, yang paling populer adalah menjadi game developer, desainer, animator, content writer, dan streamer.

“Kalau dari yang saya lihat juga, karier di dunia esports itu lebih besar daripada the regular company-nya itu sendiri,” tegas Kevin.

Mengamini paparan Kevin, Analyst & Manager dari Bigetron Era, Tasia Eda Lestari mengatakan, peluang karir pada industri esports lebih dari apa yang dilihat orang seperti pro player atau streamer. Di balik itu semua, ada pula manajer tim, legal, social media manager, juga tim finance yang mengatur keuangan dalam tim esports. Dalam pekerjaan-pekerjaan itu, komunikasi menjadi hal yang penting dan harus selalu diutamakan.

“Bekerja sebagai analis ataupun pro player, komunikasi tetaplah menjadi hal penting karena kita harus handle banyak hal penting sehingga komunikasi menjadi krusial untuk kerjasama dalam tim,” ucap Tasia.

Dalam setiap pekerjaan, pasti selalu ada tantangan, tak terkecuali pekerjaan di industri esports. Abigail Clarissa Liana, host dan esports shoutcaster merangkum tantangan dasar dalam bekerja yaitu Skill, Consistency, Attitude, Commitment, Mental (SCACM). Menghadapi tantangan itu, mengenali potensi maksimal dalam diri adalah hal yang penting.

“Tapi yang terpenting, mau bekerja di manapun kita harus mengenali diri kita dahulu. Kenali potensi terbesar kita ada di mana,” kata Abigail.

Tantangan lainnya saat merencanakan karier di industri esports adalah persetujuan dari orang tua, terutama jika karier yang dituju adalah menjadi pro player atau streamer. Menurut Tasia dan Abigail yang sudah berpengalaman dalam industri esports, cara terbaik dalam membujuk orang tua adalah dengan memberikan pembuktian secara langsung dengan prestasi.

“Untuk dapat restu orang tua, kita enggak boleh setengah-setengah. Latihan yang rajin biar juara, karena kalau udah juara, orang tua juga pasti berpikir dan akan mengizinkan juga,” terang Tasia.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version