Ini Cara Memverifikasi Informasi di Internet

Informasi

Ilustrasi. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Berkat kehadiran Internet, kita memiliki akses ke informasi dalam jumlah tak terbatas, yang seringkali sulit untuk dipilah dan dicari tahu mana yang benar dan tidak. Bahkan, ttidak sedikit orang yang mempercayai berita palsu, tanpa memandang usia atau status sosial.

Walaupun demikian, pelajaran penting adalah bahwa informasi perlu untuk diperiksa karena informasi palsu dapat ditemukan di tempat yang tidak Anda duga. Kaspersky mengungkapkan beberapa langkah berikut agar Anda dapat memeriksa keaslian dan ketepatan sebuah informasi di internet, dan mencegah terjadinya penyebaran informasi palsu.

Temukan sumber informasi terlebih dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa dari mana informasi itu berasal. Mungkin ada beberapa opsi di sini. Outlet media, blogger, saluran messenger, dan komunitas di jejaring sosial biasanya memiliki semacam reputasi. Penting untuk dipahami bahwa bahkan sumber yang paling bereputasi sekali pun dapat mempublikasikan informasi yang masih dapat diperdebatkan. Tahap verifikasi ini terutama diperlukan untuk menyaring sumber yang “tidak dapat dipercaya” secara mutlak.

Temukan tautan ke sumber utama

Setiap informasi yang diklaim dapat dipercaya harus mengandung tautan ke sumber asli. Artikel atau posting tanpa tautan seharusnya belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. Langkah selanjutnya adalah memeriksa tautan itu sendiri. Semuanya tergantung pada spesifikasi bahan. Misalnya, jika sebuah teks menggambarkan beberapa peristiwa di suatu negara, teks tersebut harus berisi tautan ke publikasi lokal dalam bahasa aslinya. Referensi ke publikasi resmi atau studi ilmiah juga merupakan tanda keabsahan informasi yang baik.

Melakukan pengecekan fakta

Setiap teks, video, atau materi audio memiliki fakta tertentu yang dapat diverifikasi oleh sumber lain. Seringkali ini adalah nama, tanggal, lokasi geografis, beberapa fakta ilmiah, dan sebagainya. Data ini dapat diverifikasi dengan pencarian Internet secara cepat. Perusahaan mesin pencari bahkan akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang semua fitur pencarian yang lebih kompleks.

Mencari tahu agenda sumber

Tiga tip pertama melibatkan pengecekan fakta, tetapi di luar itu, pola/gaya informasi yang disajikan adalah penting. Bahkan jika penulis tidak menyebarkan kebohongan langsung, penekanan yang tepat dan fakta yang dipilih dengan cermat dalam sebuah artikel dapat mendistorsi gambaran dan memengaruhi pendapat pembacanya. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan bias atau agenda sumber karena akan membantu Anda menimbang informasi yang  diterima secara lebih objektif.

Memerhatikan detail

Jika fakta dasar terlihat koheren, perhatikan detailnya: gambar, kutipan, istilah, dan lain-lain. Misalnya, gambar dapat diubah menggunakan Photoshop dan alat pengeditan lainnya. Untuk melihat apakah gambar telah diubah, coba cari gambar orisinil dengan pencarian gambar Google atau TinEye.

Kutipan juga kerap diambil di luar konteks, contoh terbaru adalah kutipan dari Forum Ekonomi Dunia, “Anda tidak akan memiliki apa-apa. Dan kamu akan bahagia.” Bahkan pencarian cepat di Internet pada kata-kata pertama biasanya membantu untuk melihat gambaran lengkap dan memahami apa yang sebenarnya ingin dikatakan seseorang.

Mencari keberagaman kasus

Ketika datang ke teks-teks yang merujuk pada beberapa dugaan fenomena massa, seperti berita bahwa “setelah vaksinasi, orang kehilangan kemampuan untuk hamil,” Anda dapat mulai mencari semua sumber yang ada untuk pertanyaan ini. Sebaiknya fokus pada hal-hal seperti nama, usia atau saksi mata, serta tempat dan tanggal acara. Jika detail kunci seperti itu dalam cerita mengalami kecocokan secara berulang, kemungkinan itu adalah kasus tunggal, dan bukan fenomena massal yang mereka coba yakinkan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version