Minggu, 28 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Ini Perubahan yang Harus Diperhatikan Brand Pasca Pandemi

9 Oktober 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
startup

AWS Sedia Pendanaan Rp3,8 Triliun Buat Startup Pengembang AI Global (Foto: ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pandemi Covid-19 telah mendorong berbagai perubahan di berbagai lini bisnis. Para pelaku bisnis diminta memperhatikan perubahan pasca Pandemi agar dapat berkembang.

Chief Client Officer Kantar Indonesia Nadya Ardianti menjelaskan bahwa ada empat perubahan yang terjadi pasca Covid-19. Keempat perubahan itu adalah perubahan dalam profil demografi (changes in demographic profile), perubahan pada kebutuhan dan mindset (changes in needs and mindset), perubahan dalam memilik merek (changes in brand choice), dan perubahan dalam cara hidup (changes in the way of living).

“Brand harus tepat dalam melakukan penargetan. Jangan perlakukan konsumen kota kecil dan non-Jawa sebagai perpanjangan dari kota besar di Jawa, karena mereka memiliki profil demografi yang berbeda. Berinvestasilah dalam memahami aspirasi dan kebutuhan mereka,” papar Nadya dalam gelar ICON 2022.

Baca juga :   Infrastruktur Digital Dorong Peningkatan 43% Pendapatan Bisnis di Asia Pada 2027

Menurut dia, terkait perubahan mindset, saat ini konsumen mencari kesehatan dan kesejahteraan mental, lebih baik dari sebelumnya. “Selain itu, terjadi juga perubahan dalam cara pandang dari ‘me’ menjadi ‘we’, yang notabene dipicu oleh generasi generasi milenial dan Gen-Z,” ujarnya.

Perubahan lainnya adalah cara orang Indonesia dalam membuat pilihan merek. Saat ini, para pemilik atau pengelola merek tidak bisa hanya mengandalkan ketenaran, distribusi, dan sebagainya. Sebab, kebutuhan kebutuhan akan kebermaknaan brand menjadi pemicu konsumen dalam memilih merek. Konsumen juga menjadi lebih menuntut, mulai dari tuntutan berupa pengalaman memuaskan yang instan, hingga manfaat jangka panjang yang berkelanjutan yang dapat diberikan brand.

Dalam konteks perubahan dalam cara hidup, lebih jauh ia menjelaskan, saat pandemi orang Indonesia telah menghabiskan banyak waktu di rumah. Mulai dari bekerja, mengasuh anak, sekolah, bersosialisasi, konsumsi media, belanja, dan sebagainya semua dilakukan dari rumah.

Baca juga :   Brand Lokal Masih Yang Terkuat

“Ada 84% orang Indonesia menyatakan bahwa mereka tidak ingin kembali WFO (Work from Office penuh waktu, tetapi mereka juga tidak ingin bekerja WFH (Work from Home) penuh waktu,” ucapnya.

Sementara itu, 49% orang Indonesia mengungkapkan bahwa interaksi sosial sebagai hal yang paling sulit untuk ditinggalkan selama pandemi. Oleh karena itu, dikatakan Nadya, terjadi perubahan gaya hidup di Indonesia, seperti munculnya sesi Zoom Arisan, Nongkrong Virtual, kelas olahraga virtual, dan sebagainya.

“Oleh karena itu, gaya hidup hybrid, yakni kombinasi antara online dan offline, dapat digunakan brand untuk membantu kehidupan konsumen menjadi lebih mudah dan menyenangkan,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: brandKantar Indonesiapasca pandemi
Previous Post

Bank DBS Indonesia Dukung Startup eFishery Dengan Loan Senilai Rp500 Miliar

Next Post

Anak Mitra Berprestasi Raih Beasiswa Grab Indonesia

Related Posts

Meta Instagram
Headline

Meta Hubungkan Brand dan Kreator di Instagram Creator Marketplace

11 Juni 2024
0
Influencer marketing
Headline

Influencer Membantu Brand Membangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

3 Juli 2022
0
Zilingo Indonesia
Analyze

5 Tips Bersaing di Pasar Digital Agar Brand Tetap Relevan

9 Februari 2022
0
Load More
Next Post
program beasiswa Grab

Anak Mitra Berprestasi Raih Beasiswa Grab Indonesia

IISMEX 2022

V2 dan Volta Unjuk Gigi di Ajang Indonesia International Smart City Expo & Forum 2022

Pintar Bersama Daihatsu

Program Pintar Bersama Daihatsu, Dukung Pendidikan Vokasi

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version