Ini Trending Penelusuran Orang Indonesia di Google Sepanjang 2018

Google Year in Search 2018 .(Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

youngster.id - Google Indonesia mengumumkan hasil dari “Year in Search 2018” terkait momen dan tren tahun 2018 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia. Dan sejumlah nama dan peristiwa menjadi bahan penelusuran dan pembicaraan sepanjang tahun ini.

Ternyata banyak momen sulit bagi Indonesia menjadi topik yang trending dalam peristiwa nasional tahun ini. Seperti bom Surabaya, gempa Lombok, tsunami di Palu, dan kecelakaan pesawat Lion Air. Di sisi lain, minat orang Indonesia terhadap konten lokal dari artis lokal juga terus meningkat. Hal ini terlihat dari hasil tren penelusuran di beberapa kategori.

Sebagai contoh, Near, pencipta lagu asal Flores yang merilis lagu ‘Karna Su Sayang’ pertama kali di YouTube menjadi salah satu lagu yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Ada juga seorang kreator di YouTube, Nissa Sabyan yang menjadi salah satu selebritas paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2018.

Selain itu, film Dilan 1990 menjadi salah satu film yang trending di Google Penelusuran tahun ini, dan menginspirasi banyak hasil penelusuran lain seperti ‘Kata-Kata Dilan’ dan ‘Gombalan Bikin Baper’ yang turut menjadi salah satu dari beragam topik yang trending dalam peristiwa hiburan tahun ini.

Di daftar “Year in Search 2018”, Google menghadirkan enam kategori pencarian, yaitu Tokoh, Peristiwa Nasional, Selebriti, Peristiwa Hiburan, Lagu, dan Film. Dari semua gabungan kategori di atas, muncul 15 pencarian paling trending di Google Indonesia.

Berikut daftar lengkap pencarian terpopuler di Google Indonesia sepanjang 2018 :

– Piala Dunia Russia 2018
– Asian Games 2018
– Piala AFF 2018
– Karna Su Sayang
– Nissa Sabyan
– Deen Assalam
– Meraih Bintang – Via Vallen
– Lagi Syantik – Siti Badriah
– Bukti – Virgoun
– Liga 1 Indonesia 2018
– AFC Champions League
– Indonesian Idol
– Liga Champions 2018
– Piala Presiden 2018
– Dilan 1990

STEVY WIDIA

Exit mobile version