Innovillage: Kompetisi Sociopreneurship Untuk Bangun Solusi Digital dari Mahasiswa

Pemberian penghargaan kompetisi Innovillage 2020. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Telkom University  berkolaborasi dengan PT Telkom Indonesia menyelenggarakan Innovillage. Ini adalah kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital bagi mahasiswa. Kompetisi ini diharapkan akan melibatkan mahasiswa dalam memberi solusi inovasi digital aplikatif bagi masalah di desa sehingga tercipta peningkatan kemanfaatan sosial dan ekonomi.

Ketua Pelaksana Innovillage 2020 AT Hanuranto mengatakan, Innovillage diikuti mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi antara lain Telkom University, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Institut Teknologi Telkom Surabaya dan Akademik Telekomunikasi Jakarta yang berasal dari  seluruh Indonesia.

Kompetisi ini dimulai sejak September 2020 dengan total 301 proposal project. Setelah melewati tahap seleksi, dipilih 100 proposal project yang diimplementasikan di desa masing-masing yang tersebar di 22 provinsi dengan total pendanaan sebesar Rp 1.5 Milyar.

“Terdapat grup yang memiliki dana terbatas sehingga rela mencari dana tambahan untuk mengimplementasikan proyek mereka. Dan sambutannya luar biasa, tidak hanya dari mahasiswa saja tetapi juga dari keluarga besar dan masyarakat sekitar,” ucap Hanuranto dalam keterangan pers, Rabu (10/3/2021).

Pria yang juga menjabat Direktur Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment Telkom University berharap, program tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat dan semoga kompetisi tersebut terus berlanjut dengan kualitas dan kuantitas yang terus mengalami peningkatan.

Pemenang Kategori Best of the Best mendapatkan hadiah beasiswa pendidikan sebesar Rp 75.000.000 serta biaya pengembangan social project dan Top 5 mendapatkan hadiah beasiswa pendidikan masing-masing sebesar Rp 45.000.000 serta biaya pengembangan social project.

Sementara itu, Rektor Telkom University, Prof Dr Adiwijaya, Innovillage ini salah satu program yang memberikan solusi tepat guna dan ini hal yang dibutuhkan mahasiswa sebelum masuk ke masyarakat. Kompetensi tidak cukup tapi harus ada motivasi untuk mengimplementasikan kompetensi dan menciptakan peluang.

Innovillage cukup membanggakan karena di tengah gaungnya Kampus Merdeka justru ini satu program implementasi program tersebut, mahasiswa diarahkan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi. Selain itu, manfaat yang muncul dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat yang lainnya,” ucapnya.

Di sisi lain, Senior General Manager Community Development Center PT Telkom Indonesia, Hery Susanto mengatakan, pihaknya fokus menyalurkan CSR di sektor Pendidikan untuk mendorong inovasi di bidang teknologi digital. Diharapkan, inovasi tersebut pula dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“CSR PT Telkom Indonesia ini harus fit dengan arah perusahaan ini. Sejalan dengan arah Perusahaan Telkom bertransformasi ke arah digital, menuju arah digital dan penguatan digital, maka CSR Telkom di sektor Pendidikan dan Inovasi,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa sasaran pada CSR ini melalui generasi muda yang siap turun ke lapangan dan berharap semoga program ini bisa menciptakan talenta-talenta digital yang hebat di Indonesia.

Daftar Pemenang pada kompetisi Innovillage 2020:

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version