Minggu, 18 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Inovasi Embedded Finance Tokopedia Bantu Akselerasi Literasi dan Inklusi Keuangan di Indonesia

31 Mei 2023
in News
Reading Time: 3 mins read
Tokopedia

Inovasi Embedded Finance Tokopedia Bantu Akselerasi Literasi dan Inklusi Keuangan di Indonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Literasi dan inklusi keuangan di Indonesia cenderung rendah. Bank Dunia, pada tahun 2021, mengonfirmasi Indonesia memiliki populasi unbanked terbesar ke-empat di dunia. Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022, mencatat indeks inklusi keuangan Indonesia naik menjadi 85,10%, dibandingkan tahun 2019, sebesar 76,19%.

Senior Vice President of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasar mengatakan, untuk menunjang literasi dan inklusi keuangan tanah air agar makin positif, Tokopedia melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menerapkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia. 

Embedded finance adalah integrasi layanan keuangan, seperti pembayaran, investasi dan asuransi, ke dalam satu aplikasi yang dikelola perusahaan nonfinansial–dalam hal ini Tokopedia–tanpa perlu beralih ke layanan keuangan konvensional sehingga layanan keuangan dapat diakses lebih cepat.

“Dalam menghadirkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia secara aman dan terpercaya, kami bekerja sama dengan berbagai mitra strategis, mulai dari perbankan, tekfin, perusahaan asuransi serta insurtech,” kata Vira, Rabu (31/5/2023).

Diklaim Vira, Tokopedia menghadirkan lebih dari 50 metode pembayaran–mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, uang elektronik, pay later hingga minimarket–yang mempermudah masyarakat bertransaksi online. Misalnya, GoPayLater Cicil–yang bersinergi dengan GoTo Financial–untuk membantu pembeli mengubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan pilihan satu, tiga, enam atau 12 bulan.

Baca juga :   First Klaz Dukung Pembelajaran Jarak Jauh Dengan AI

Dengan GoPayLater Cicil, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan produk kebutuhan yang sebelumnya sulit dijangkau. “Tokopedia mencatat pada kuartal I 2023, Ponsel dan Tablet, Fesyen Wanita, Komputer dan Laptop, Otomotif serta Elektronik menjadi sejumlah kategori produk yang paling diburu masyarakat menggunakan pay later,” tambah Vira.

Di sisi lain, data internal Tokopedia juga menunjukkan bahwa metode pembayaran cashless atau nontunai menjadi yang paling populer selama periode Ramadan 2022, baik melalui GoPayLater Cicil, maupun transfer antar bank, uang elektronik dan kartu kredit.

Selain pay later, ada pula metode pembayaran dengan kartu kredit Tokopedia Card, yang bekerja sama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung VISA. Melalui Tokopedia Card, pengguna bisa dengan mudah mengakses berbagai fitur, seperti untuk mengaktivasi kartu, mengecek detail transaksi dan riwayat tagihan, serta mengatur penggunaan kartu, hanya lewat aplikasi Tokopedia.

“Data internal Tokopedia mengungkapkan, pengguna yang menggunakan Tokopedia Card meningkat hampir 6 kali lipat selama Maret 2023 dibandingkan bulan pertama diluncurkan. Selain itu, kurang dari satu bulan sejak peluncuran, Tokopedia Card berhasil memberikan kontribusi sekitar 20% dari total penerbitan kartu kredit secara nasional,”klaim Vira.

Baca juga :   Tokopedia Gandeng Telkom untuk Pembayaran Tagihan IndiHome

Selain GoPayLater Cicil dan Tokopedia Card, terdapat puluhan metode pembayaran lainnya, yang bisa dimanfaatkan pengguna Tokopedia untuk bertransaksi online seperti belanja kebutuhan sehari-hari, sesuai preferensi.

“Melalui inovasi embedded finance, Tokopedia juga menghadirkan produk investasi, yaitu Tokopedia Reksa  Dana dan Tokopedia Emas, guna mendorong lebih banyak masyarakat untuk berinvestasi. Masyarakat bisa dengan mudah berinvestasi reksa dana atau emas lewat Tokopedia karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun hanya melalui genggaman tangan,” jelas Vira.

Berbagai nilai tambah dari produk-produk investasi di Tokopedia, mendorong terciptanya tren positif dalam berinvestasi. Nilai transaksi beli reksa dana pada Tokopedia Reksa Dana meningkat 1,5 kali lipat pada kuartal IV 2022 dibandingkan kuartal IV 2021. Sedangkan pada Tokopedia Emas, nilai transaksi jual-beli emas meningkat 1,5 kali lipat dan jumlah pengguna yang berinvestasi emas meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021.

Tokopedia juga menyediakan berbagai produk asuransi digital, yaitu Proteksi Produk (termasuk rusak total), Proteksi Tagihan, Asuransi Perjalanan, Asuransi Pengiriman dan masih banyak lagi.

Baca juga :   Aplikasi Investasi Digital Ini Raih Pendanaan US$30 Juta

Untuk produk asuransi ini Tokopedia mencatat tren positif. Tercatat jumlah transaksi yang menggunakan produk asuransi meningkat 2,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Selain itu, transaksi yang menggunakan Proteksi Rusak Total meningkat 4 kali lipat di kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022.

Sebagai upaya mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, Tokopedia pun aktif melakukan edukasi. Salah satunya, meluncurkan Modul Literasi Keuangan bersama BI dan OJK. Modul yang berisi materi tentang keuangan ini bisa diakses oleh siapa pun dan di mana pun secara gratis. Selain itu, Tokopedia juga menggelar kampanye edukasi investasi ‘Tokopedia Investory’ yang menghadirkan berbagai informasi tentang investasi digital.

“Selain kolaborasi dan inovasi, kunci meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia adalah edukasi. Hal ini mendorong Tokopedia bersama mitra strategis terus menghadirkan berbagai inisiatif. Ke depannya, Tokopedia akan terus berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk menciptakan solusi yang lebih inklusif, bertanggung jawab serta relevan dengan kebutuhan masyarakat, demi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia,” tutup Vira.

 

HENNI S.

Tags: akselerasi literasi dan inklusi keuanganekosistem TokopediaEmbedded FinanceTokopedia
Previous Post

Unilever Dukung Upaya Tingkatkan Toleransi dan Menghormati Keragaman di Indonesia

Next Post

Strategi Fore Coffee Untuk Raih Pertumbuhan Positif di Tahun 2023

Related Posts

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
TikTok Shop
Headline

Nilai Transaksi Tokopedia dan TikTok Shop Naik 24 Kali di Kuartal I 2025

25 April 2025
0
Dorong Pemberdayaan Perempuan Indonesia Lewat Pemanfaatan Teknologi
News

Dorong Pemberdayaan Perempuan Indonesia Lewat Pemanfaatan Teknologi

21 April 2025
0
Load More
Next Post
Fore Coffee

Strategi Fore Coffee Untuk Raih Pertumbuhan Positif di Tahun 2023

Genta Mansyur - REKU

Setelah Raih Pendanaan, Reku Makin Gencar Penetrasi Pasar

Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023

Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023, Dukung Potensi Industri Teknologi Finansial

Discussion about this post

Recent Updates

Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version