Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Inovasi Titipku Berfokus Pada Keuntungan Bersama

19 Agustus 2024
in News
Reading Time: 2 mins read
Hendri - Titipku

CEO dan Co-Founder Titipku Hendri Suhardja (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Aplikasi belanja pasar Titipku telah mengupayakan berbagai inovasi yang berfokus pada keuntungan bersama sepanjang tahun 2023. Semua inovasi yang diciptakan tidak berpusat pada keuntungan bagi Titipku semata, namun juga harus dirasakan oleh masyarakat, Jatiper, dan juga pedagang pasar.

Hal itu terungkap dalam laporan tahunan yang dirilis Titipku. Pada laporan tahun ini, Titipku membuat laporan yang fokus pada dampak kehadiran Titipku bagi stakeholder Titipku, yakni: Kurir atau Jatiper, pedagang pasar atau Juragan, dan pelanggan atau Nitiper. Tak luput, laporan ini juga melihat poin-poin Sustainable Development Goals (SDG) apa saja yang sudah dicapai oleh Titipku.

CEO dan Co-Founder Titipku Hendri Suhardja mengatakan, salah satu inisiatif yang muncul di 2023 adalah dibentuknya program Lapak Andalan, Merchant Depo, dan gabungan Lapak Andalan + Depo.

“Inisiatif ini Titipku rasa sudah bisa berdampak baik bagi peningkatan belanja di Titipku, peningkatan pendapatan pedagang, peningkatan volume pengantaran oleh Jatiper, dan peningkatan kepuasan pelanggan,” kata Hendri, Senin (19/8/2024).

Baca juga :   Kolaborasi Carousell, KitaBisa dan Lyfe With Less Ajak Warga Indonesia Memilih Barang Preloved

Lapak Andalan adalah pedagang unggulan Titipku yang dipilih untuk diiklankan secara lebih. Sebagai gantinya, mereka dituntut untuk berkomitmen selalu menyediakan produk terbaik bagi seluruh pesanan dari Titipku dan sebisa mungkin tidak menghasilkan komplain. Sementara Merchant Depo adalah program di mana Titipku “mem-booking” produk terbaik dari pedagang, sehingga ketika ada pesanan dari Titipku, pedagang bisa memberikan produk terbaik it uke pelanggan Titipku.

Hasilnya, Lapak Andalan dan Merchant Depo menyumbang 65,5% transaksi setiap bulannya dari total keseluruhan transaksi. Sementara itu, Lapak Andalan dan Merchant Depo menyumbang 41,2% pelanggan baru setiap bulannya dari total jumlah pelanggan baru.

Peningkatan transaksi ini tentu juga meningkatkan pendapatan pedagang. Salah satu peserta program, Lapak Joni Cahyono di Pasar Tomang Barat, tercatat mengalami peningkatan pendapatan harian sebesar tiga kali lipat sejak bergabung dengan program ini. Hal yang sama juga dialami Lapak Sayur Segar Bang Alang dari Pasar Modern BSD.

Baca juga :   Telkom Buka Peluang Untuk Kolaborasi Pengembangan Layanan Digital

Meningkatnya transaksi dari lapak yang tergabung di Lapak Andalan dan Merchant Depo ini akhirnya berdampak pada tingginya order yang digarap oleh Jatiper. Al hasil, Jatiper juga bisa mendapat penghasilan lebih tinggi dari sebelumnya.

Lalu, karena program Lapak Andalan dan Merchant Depo berfokus pada kontrol produk berkualitas, maka semua pelanggan yang berbelanja di lapak-lapak terbaik ini akan mendapat produk segar berkualitas. Hasilnya, tinjauan ke review di Google Play menunjukkan bahwa Titipku banyak mendapat review puas dari pelanggan.

Selain melihat bagaimana inisiatif Titipku dalam memberi dampak positif bagi stakeholder, Titipku juga melaporkan apa yang bisa Titipku sumbangsihkan pada perwujudan poin-poin SDG. Hasil laporan menunjukkan bahwa Titipku sudah mengimplementasikan empat poin yakni: Quality Education, Gender Equality, Decent Work and Economic Growth, dan Reduced Inequality.

Baca juga :   Bekraf Dapat Dana Hibah US$ 5,5 juta Untuk Data Penonton Film

Program-program dan inisiatif yang dilakukan Titipku juga telah berdampak positif bagi bisnis Titipku sendiri. Sejak 2021 hingga laporan ini diturunkan, Annual GTV Titipku meningkat sebesar 12 kali lipat. Lalu, peningkatan revenue tahunan juga meningkat sangat signifikan, yakni 40 kali lipat. Terakhir, perbandingan revenue dan GTV menunjukkan peningkatan sebesar 4x lipat.

Tak hanya itu, peningkatan pengguna Titipku juga semakin berimbang. Pada 2021, jumlah pengguna Titipku didominasi oleh pengguna baru (98,1%), sementara sisanya adalah returning dan winback customer. Hal ini dapat terjadi karena tahun 2021, Titipku banyak memiliki program untuk pengguna baru. Pada 2024, persentase antara new customer, returning customer, dan winback customer sudah seimbang di rata-rata angka 30%.

 

STEVY WIDIA

Tags: aplikasi belanja pasarJatiperTitipku
Previous Post

Perkuat Posisi di Industri e-Commerce Enabler, Komerce Akuisisi RajaOngkir

Next Post

CI Ventures dan TCCF Siapkan Dana US$1,5 Juta untuk UKM Pelestarian Bakau

Related Posts

Titipku #PastiBerkah
News

Meriahkan Ramadan, Titipku Gelar Kampanye #PastiBerkah

14 Maret 2024
0
Lapak Andalan Titipku
News

Titipku Luncurkan Fitur Lapak Andalan Titipku

28 Desember 2023
0
Titipku - kulitas produk
News

Kini, Titipku Fokus ke Masalah Kualitas Produk

8 Desember 2023
0
Load More
Next Post
hutan bakau

CI Ventures dan TCCF Siapkan Dana US$1,5 Juta untuk UKM Pelestarian Bakau

Pluang Crypto

Kantongi Lisensi Penuh Bappebti, Pluang Jadi Pedagang Fisik Aset Kripto

startup NAFAS

Gunakan Dana Hibah, Startup NAFAS Pasang Sensor Kualitas Udara

Discussion about this post

Recent Updates

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version