youngster.id - Dampak pandemi Covid-19 telah berdampak pada surutnya bisnis. Untuk mendukung para pelaku usaha terutama UMKM kuliner, Instagram meluncurkan Stiker Pesanan Makanan di Stories untuk memudahkan bisnis kuliner mengajak pelanggan mereka melakukan pemesanan.
Selain itu, Instagram kembali menghadirkan program pelatihan Akademi Instagram edisi #dirumahaja yang secara khusus dikemas untuk membantu pebisnis menyesuaikan strategi pemasaran di tengah pandemi.
“Di masa sulit seperti ini, setiap penjualan begitu berarti, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Kami ingin membantu mereka agar tidak patah semangat dalam mempertahankan bisnis mereka dan terhubung dengan pelanggan. Kehadiran stiker ‘Pesanan Makanan’ ini diharapkan dapat memberi kemudahan untuk masyarakat Indonesia berinteraksi dan membantu bisnis kuliner favorit mereka di Instagram,” ungkap Kaylie Smith Head of Market Operations, Instagram APAC dalam keterangannya, Selasa (5/5/2020).
Dia menerangkan, jika Anda menggunakan akun bisnis Instagram, Anda akan melihat opsi stiker “Pesanan Makanan” di Stories untuk memasukkan tautan bisnis Anda di aplikasi mitra pengantar makanan. Dengan menggunakan stiker ini untuk mempromosikan makanan atau minuman yang Anda jual, follower Anda bisa mengetuk tulisan ‘Pesan’ untuk langsung melakukan pemesanan di aplikasi layanan pesan antar.
“Saat ini, Anda hanya bisa memasukkan tautan bisnis Anda di layanan GrabFood, namun mitra akan ditambah secara berkala untuk menyediakan lebih banyak pilihan bagi pebisnis,” ujarnya.
Instagram juga memberikan pelatihan gratis untuk membantu menyesuaikan strategi pemasaran di tengah pandemi Covid-19. Bersama Kreavi, Instagram kembali menghadirkan program Akademi Instagram, yang akan dilakukan secara virtual dan mengusung kurikulum yang telah didesain mengikuti tantangan-tantangan yang tengah dihadapi pebisnis saat ini.
Para peserta Akademi Instagram #dirumahaja akan dilatih langsung oleh para pakar dari berbagai bidang tentang cara mengelola bisnis di tengah pandemi, serta dibekali dengan ilmu kreatif membangun komunikasi dengan pelanggan melalui kekuatan visual dan copywriting. Program Akademi Instagram #dirumahaja akan disiarkan secara terbuka di akun Facebook Kreavi dari tanggal 8 Mei hingga 10 Mei 2020.
Country Director untuk the Facebook Company di Indonesia Pieter Lydian mengatakan, langkah ini sejalan dengan komitmen berkelanjutan Facebook dalam mendorong laju pertumbuhan UMKM di Indonesia.
“Instagram ingin memberikan pelatihan gratis yang dibutuhkan pebisnis di tengah masa sulit seperti ini. Bersama dengan mitra kami Kreavi, kami telah menyusun kurikulum berdasarkan insight yang kami kumpulkan dari industri, serta bagaimana pebisnis bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Facebook dan Instagram untuk terus meningkatkan interaksi dengan pelanggan,” ucapnya.
Pieter yakin, melalui Akademi Instagram #dirumahaja, akan dapat menjangkau hingga lebih dari 5.000 pelaku UMKM di Indonesi. “Dari target itu, 30% diantara akan kami dedikasikan untuk pelaku bisnis kuliner,” pungkas Pieter.
STEVY WIDIA
Discussion about this post