youngster.id - Instagram gencar merambah layanan belanja online sejak pandemi Covid-19. Mereka mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna berbelanja dan membayar lewat direct message (DM).
Instagram mengatakan, tujuan fitur ini yaitu membantu lebih banyak orang memulai percakapan bisnis dan bertransaksi langsung dari utas obrolan.
CEO Meta Mark Zuckerberg melalui Instagram pribadi @zuck mengatakan, fitur tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengguna hanya dengan beberapa ketukan. “Anda sudah dapat membeli produk dari usaha kecil dan melacak pesanan di dalam obrolan di Instagram di AS,” ujar Mark yang dilansir Business Insider baru-baru ini.
Melalui fitur itu, pemilik usaha dapat mengobrol dengan pelanggan secara real-time. Mereka bisa menjawab pertanyaan dan mengonfirmasi detail pembelian. Setelah detail pembelian terkonfirmasi, maka akan muncul opsi pembayaran langsung di dalam obrolan. Pengguna juga bisa melacak pesanan dan mengajukan pertanyaan melalui DM.
“Kami memperkenalkan cara baru berbelanja di Instagram, tepat di mana Anda mengobrol,” kata pihak Instagram. Mereka mulai menguji fitur belanja online di aplikasi pada November 2016. Kemudian, raksasa teknologi itu meluncurkan layanan e-commerce secara luas pada Maret 2017.
Perusahaan juga meluncurkan IG Shop yang bisa mengarahkan pengguna untuk membeli koleksi barang dari pedagang pada 2018. Melalui aplikasi, pengguna bisa mengikuti akun penjual dan membeli produk langsung lewat aplikasi. The Verge pun menyebut aplikasi ini sebagai Instagram Shopping.
Instagram juga gencar menyasar pasar belanja online sejak pandemi Covid-19. Sejumlah fitur terus diperbarui untuk mempermudah pengguna berbelanja online. Perlu diketahui sekitar 85% penduduk dunia beralih ke belanja online akibat pandemi Covid-19.
STEVY WIDIA
Discussion about this post