youngster.id - Instagram meluncurkan sejumlah fitur baru, salah satunya trending untuk audio dan hashtag (tagar). Lewat fitur baru ini, kini kreator dapat melihat lagu dan audio yang sedang trending di Reels bersama dengan analitiknya, seperti berapa kali audio tersebut telah digunakan.
“Kami berusaha menjadikan Instagram sebagai rumah bagi pembuat [kreator] seperti Anda untuk mengekspresikan kreativitas Anda, terhubung dengan audiens Anda dan mencari nafkah,” tulis Meta dilansir dari laman resminya, Senin (17/4/2023).
Untuk menemukan audio yang sedang trending, kreator bisa mengunjungi dasbor mereka dan menggulir ke bawah bagian “Reels Trends.” Nantinya, aplikasi akan menyajikan semua audio dan tagar teratas.
Bahkan, ketika mengklik satu lagu, pengguna bisa memutar, menyimpan, serta membagikan musik tersebut. Pengguna juga bisa melihat konten Reels pengguna lain yang menggunakan lagu tersebut. Adapun, fitur Reels Trends untuk audio dan hashtag ini dinilai bisa jadi inspirasi kreator ketika ingin membuat Reels baru.
Secara teori, menggunakan audio dan hashtag yang tengah tren akan lebih berpotensi membuat postingan Reels pengguna menjangkau lebih banyak audiens.
Sebelumnya, konsep serupa telah digunakan TikTok dan berpotensi membuat musisi serta lagu di aplikasi lebih sukses dan populer. Sebab, penggunaan musik yang sedang tren membuat konten lebih berpeluang masuk For Your Page (FYP) pengguna lainnya.
Selain fitur trending, Instagram juga merilis fitur tools edit video yang lebih lengkap, metrik baru untuk Insight Reels, dan fitur gift yang diperluas ke lebih banyak negara pada 14 April 2023.
STEVY WIDIA
Discussion about this post