Investree Salurkan Pembiayaan Ramah Lingkungan untuk Distributor Motor Listrik

INVESTREE X GESITS PRATAMA

Investree menyalurkan pembiayaan hijau (green financing) atau ramah lingkungan kepada PT Gesits Bali Pratama (Gesits Pratama) (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Setelah minggu lalu mengumumkan menerima pendanaan US$ 10 juta, kali ini Investree resmi menyalurkan pembiayaan hijau (green financing) atau ramah lingkungan kepada PT Gesits Bali Pratama (Gesits Pratama).

“Kami berharap apa yang kami kontribusikan bersama dengan Gesits Pratama mampu membuat dunia pulih dan menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Kami semangat menggarap proyek green financing semacam ini dan kami nantikan proyek-proyek green financing lainnya yang memiliki dampak sosial besar dan positif,” kata Adrian Gunadi, CEO & Co-founder Investree, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (06/11/2021).

Gesits Pratama merupakan salah satu distributor terbesar Wika Industri Manufaktur (WIMA) sebagai produsen motor listrik, di mana mereka menyalurkan motor-motor listrik produksi WIMA ke seluruh pelosok Indonesia. Klien-klien besar Gesits Pratama meliputi BUMN, perusahaan swasta, dan pemerintahan yang saat ini memiliki kebutuhan terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Dalam kerja sama ini, Investree menyalurkan pinjaman kepada Gesits Pratama dengan tujuan menyukseskan aktivitas pengadaan atau transaksi business-to-business (B2B) mereka. Contohnya, pinjaman dari Investree membantu menalangi pemberian down payment kepada produsen motor listrik (WIMA) saat Gesits Pratama mendapatkan pesanan unit dalam jumlah tertentu. Juga untuk membantu membiayai proses pengiriman unit-unit motornya hingga sampai ke tempat tujuan karena klien pasti bayar belakangan dengan tenor yang beragam. Sehingga memang kegiatan pembiayaan ini sangat berfokus pada rantai pasok (supply chain financing) sesuai dengan inti bisnis Investree.

Bantuan pembiayaan yang Investree salurkan kepada Gesits Pratama dapat dikategorikan sebagai green financing karena Investree berkontribusi terhadap kelancaran bisnis distributor motor listrik yang saat ini permintaannya sedang tinggi di pasaran.

“Kami menyambut kerja sama Investree-Gesits Pratama ini dengan penuh suka cita dan rasa syukur. Sekarang kami tidak pusing lagi memikirkan kesehatan cash flow perusahaan karena telah dibantu oleh Investree. Proses pengajuan hingga pinjaman dicairkan juga mudah dan cepat, pengalaman yang menyenangkan menjadi Borrower di Investree. Selain itu, karena Gesits Pratama berpusat di Bali, pembiayaan yang disalurkan oleh Investree ini juga selaras dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali tentang penggunaan energi bersih dan sepeda motor listrik berbasis baterai. Sehingga di sini, Investree dan Gesits Pratama sama-sama mendukung langkah Pemerintah Bali dalam menjadikan Bali sebagai pelopor penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia,” papar Hj. Sari Suryanti, Direktur Gesit Pratama.

Diakui Adrian, salah satu tantangan terbesar Investree dalam menyalurkan green financing adalah menemukan Lender Institusi yang juga memiliki preferensi pendanaan spesifik, dalam artian memilih untuk mendanai pinjaman dengan dampak sosial besar terhadap sosio-ekonomi-lingkungan.

Sekarang memang porsi pendanaan di Investree sudah menunjukkan perbandingan 60%:40% (Lender Institusi:Lender Individu). Sehingga untuk menjawab tantangan tersebut, ke depannya Investree akan memperbanyak penetrasi ke Lender Institusi potensial yang mempunyai fokus terhadap pendanaan berdampak sosial, terutama yang peduli dengan isu penyelamatan lingkungan.

“Ke depan, akan ditambah kolaborasi baik dengan Borrower maupun Lender yang mempunyai perhatian sama, sehingga semakin mudah bagi Investree untuk membangun ekosistem keuangan digital bermuatan positif,” pungkas Adrian.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version