youngster.id - Jumlah UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital sudah mencapai 15,9 juta atau 24,9% dari total pelaku UMKM yang sekitar 65 juta unit. Untuk mendorong pertumbuhan itu, J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dalam melaksanakan program unggulan bertajuk “Kewirausahaan Berbasis Technopreneur”.
Kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengenalan dan pemanfaatan platform online dan digital dalam kegiatan jual beli oleh pelaku UMKM.
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang Muhamad Sailendra mengatakan, kegiatan edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha terutama UMKM Kota Malang agar dapat semakin berkembang dalam hal digitalisasi kegiatan jual-beli, khususnya pemanfaatan platform e-commerce.
“Pada saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan & informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada keseharian-nya, dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lain-nya. Sehingga UMKM, terlebih yang berada di Kota Malang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat,” kata Sailendra dalam keterangan pers, Rabu (13/10/2021).
Program edukasi dan pelatihan ini dilaksanakan pada 12 Oktober 2021 dan diikuti 110 pelaku UMKM di Kota Malang.
Arditiandito, Industrial Relations J-Express (JX) Indonesia mengungkapkan, JX Indonesia tidak hanya ingin hadir sebagai penyedia jasa logistik “hulu ke hilir” tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UMKM, terkhusus di Kota Malang.
“Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin,” katanya.
Sementar itu, Demas Ryan, Seller Engagement and Education Manager JD.ID memperkenalkan kembali platform e-commerce ini kepada para pelaku usaha di kota Apel itu. “Meski tergolong muda jika dibandingkan dengan lini-bisnis ritel kami, platform marketplace JD.ID terus mengalami peningkatan jumlah transaksi dari tahun-ke-tahun nya. Berbagai upaya dan terobosan pun terus kami lakukan untuk menyediakan lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap bagi para mitra seller kami. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para pelaku UMKM di Indonesia khusus-nya Kota Malang, untuk bergabung dengan JD.ID,” katanya.
J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID berencana melanjutkan program edukasi dan pelatihan ini secara berkelanjutan di berbagai kota di Indonesia, seperti di Yogyakarta dan Surabaya. Sebelumnya program ini juga telah digelar di kota Serang dan Bogor.
STEVY WIDIA
Discussion about this post