Sabtu, 28 Januari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Jakarta Coffee Week 2022, Dukung dan Fasilitasi Industri Kopi Berkelanjutan

9 November 2022
in News
Reading Time: 3 mins read
Jakarta Coffee Week 2022

Penyelenggara Jakarta Coffee Week 2022. (Foto: istimewa)

youngster.id - Indonesia tercatat sebagai negara dengan konsumsi kopi terbesar kelima di dunia dengan jumlah mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kilogram menurut data International Coffee Organization (ICO) 2021. Tidak hanya itu, berdasarkan laporan Statistik Indonesia produksi kopi di Tanah Air naik sebesar 1,62% atau 774,6 ribu ton. Hal ini menandakan industri kopi terus berkembang dan memiliki potensi besar bagi perekonomian Indonesia.

Untuk itu Jakarta Coffee Week (Jacoweek) akan kembali digelar pada 11-13 November 2022 di City Hall Pondok Indah Mall 3, Jakarta.

Co-Founder Jakarta Coffee Week Hendri Kurniawan mengatakan, acara ini  sebagai perayaan tahunan kultur kopi spesialti terbesar di Indonesia.  Mengangkat tema ‘Brewing for Sustainable Future’ kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung dan memfasilitasi seluruh pecinta kopi di Tanah Air, saling berkolaborasi dalam mencapai industri kopi yang berkelanjutan.

“Livin’ Jacoweek 2022 tak hanya membawa konsep one-stop shopping solution, namun turut serta menghadirkan berbagai kegiatan sebagai bagian untuk mengedukasi masyarakat mengenai industri kopi dan teh,” kata Hendri dalam keterangan pers, Rabu (9/11/2022).

Hendri menjelaskan, Jacoweek berperan dalam mendukung keberlanjutan industri kopi dengan memfasilitasi seluruh penikmat kopi, barista dan ahli kopi terbaik, merek-merek kopi dan teh lokal terkemuka, produsen dan distributor mesin-mesin kopi, hingga petani-petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia dalam satu platform yang memudahkan mereka untuk saling berkolaborasi.

“Kami ingin Jacoweek menjadi bagian dari kemajuan industri kopi berkelanjutan di Indonesia melalui semangat ‘Brewing for Sustainable Future’. Para pelaku di industri ini harus saling bahu membahu, berkolaborasi dalam mengedukasi masyarakat bukan hanya sebagai penikmat kopi saja namun turut menjadi bagian di dalamnya sehingga industri kopi dari hulu ke hilir ini terus terjaga keberlangsungannya dan Indonesia tetap menjadi salah satu produsen kopi terbaik,” ujar Hendri.

Melalui Jacoweek, seluruh pelaku di industri kopi memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk biji kopi pilihan, alat dan bahan pelengkap minuman kopi, makanan pendamping kopi, hingga perlengkapan kebutuhan kedai kopi secara lengkap dengan konsep one-stop shopping solution serta diperkuat dengan berbagai rangkaian program pilihan.

Rangkaian program dan aktivitas yang dimaksud meliputi program Tarung Tiga, yang merupakan kompetisi manual brewing yang diikuti oleh seluruh pemenang dari kompetisi lokal di kota Medan, Bandung, dan Surabaya. Para peserta untuk menilai hasil brewing mereka sendiri agar dapat mengetahui hasil brewing mana yang paling berkualitas dan dapat diterapkan pada bisnis mereka.

Adapun, Jacoweek Cup of The Year merupakan kompetisi green bean yang menargetkan produk pilihan dari petani kopi di Indonesia dan memungkinkan seluruh pengunjung untuk memberikan penilaian terhadap biji kopi tersebut sekaligus menghadirkan pengalaman untuk lebih mengenal biji kopi terbaik. Serta program Bicara Kopi yang membawakan konsep talkshow dan diskusi panel yang mengedukasi masyarakat mengenai kopi dengan 5 topik berbeda yang menarik.

Dalam pelaksanaannya, Livin’ Jacoweek 2022 berkolaborasi dengan Saka Dala bersama organisasi internasional Rainforest Alliance yang merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan yang membantu memastikan standar dan kualitas kopi yang disajikan kepada seluruh komunitas kopi di acara Livin’ Jacoweek 2022.

Co-Founder Saka Dala Social Enterprise Veronica mengatakan, pihaknya berperan dalam menjembatani petani kopi untuk dapat memperkenalkan biji kopi terbaik dari hasil kebunnya untuk mendapatkan pasar yang tepat, bertemu langsung dengan calon-calon pembelinya sehingga terjadi interaksi dan transaksi secara langsung antara supply dan demand.

“Kami juga bertugas dalam memastikan inisiatif keberlangsungan industri kopi, termasuk pemberian wawasan, pelatihan, motivasi, keyakinan market dan pengawasan kualitas agar para petani dapat terus memberikan hasil panen yang baik dan terjadi harga yang fair sehingga bisnis kopi dapat terus berkelanjutan,” katanya.

Memiliki visi yang sama terhadap perkembangan industri kopi, penyelenggaraan Jacoweek 2022 mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri. Livin’ Jacoweek 2022 dipercaya bisa memberikan dampak yang positif terhadap industri kopi di Indonesia, dan dapat menjadi jembatan dalam mensejahterakan petani kopi Indonesia.

Regional Transaction & Consumer Head Jakarta 3 Bank Mandiri Aland Rinny Patitty mengatakan, Bank Mandiri selalu bersemangat untuk berperan dan berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia, salah satunya pada industri kopi yang semakin diminati.

“Bersama dengan Jacoweek, kami berharap semakin banyak petani dan pelaku industri kopi yang mendapat kesempatan untuk memperluas pangsa pasar mereka serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Aland.

 

STEVY WIDIA

Tags: bank Mandiriindustri kopiJakarta Coffee Week (Jacoweek)
Previous Post

Setelah IPO Blibli Perkuat Strategi Efisiensi dan Perkuat Omnichannel

Next Post

PUBG MOBILE Chicken Cup Angkat Lionel Messi Sebagai Kapten

Related Posts

perilaku belanja konsumen
Analyze

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
iQOO x BMW M Motorsport
news

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

27 Januari 2023
0
Space Roastery
News

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

27 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Lionel Messi

PUBG MOBILE Chicken Cup Angkat Lionel Messi Sebagai Kapten

Amartha x Mitra

Pendapatan Mitra UMKM Amartha Naik 38%

Huawei x ITB x TelU

Perkuat Ekosistem Digital Indonesia, Huawei Berkolaborasi dengan ITB dan Telkom University untuk Joint Labs

Discussion about this post

Berita Terbaru

perilaku belanja konsumen

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
iQOO x BMW M Motorsport

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

27 Januari 2023
0
Space Roastery

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

27 Januari 2023
0
kosmetik

Strategi Perusahaan Korea Menggarap Potensi Pasar Industri Kosmetik Indonesia

27 Januari 2023
0
Cakap x Telkomcel

Ekspansi ke Timor Leste, Edtech Cakap Gandeng Telkomcel

27 Januari 2023
0
Modalku x Ninja Xpress

Modalku Gandeng Ninja Xpress Untuk Permudah UMKM Impor Bahan Baku

27 Januari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version