youngster.id - Perusahaan lelang mobil secara hybrid (offline dan online) JBA optimistis volume kendaraan roda empat yang berhasil dilelang pada tahun ini akan bisa menembus lebih dari 38.500 unit.
Optimisme ini didukung oleh fakta peningkatan aktivitas ekonomi pasca pandemi COVID-19 yang juga turut mendongkrak permintaan mobil bekas.
Jumlah kendaraan yang berhasil dilelang JBA sendiri pada Semester 1 2023 ini telah meningkat sebesar 17,1% YoY menjadi hampir 41 ribu unit kendaraan roda dua dan roda empat. Meningkat secara signifikan dibandingkan periode yang sama tahun 2022, dimana Perseroan melelang sekitar 35 ribu unit.
Optimisme pemulihan bisnis lelang kendaraaan juga didukung oleh proses lelang mobil secara hybrid yang telah dipelopori PT Autopedia Sukses Lestari Tbk–induk usaha JBL. Dimana lelang secara hybrid terbukti memudahkan pelanggan untuk dapat mengikuti lelang kapan pun dan dimana pun melalui website dan mobile app, sehingga bisa menghindari cornering price.
Selain itu, JBA juga memiliki sistem manajemen inventori yang terintegrasi di website sehingga memudahkan pelanggan untuk memantau aktivitas lelang secara real time, mengontrol inventori mereka, serta mengatur serah terima barang melalui e-BASTK (Berita Acara Serah Terima Kendaraan) untuk memastikan proses lelang yang lebih mudah dan transparan.
Presiden Direktur Autopedia, Jany Candra mengatakan, bukan hanya melalui lelang, upaya menggenjot penjualan mobil bekas juga akan dilakukan melalui semua lini bisnis yang terkait.
“Autopedia merupakan satu-satunya pemain di lelang dan jual beli kendaraan bekas yang memiliki ekosistem terlengkap, dimana Autopedia memiliki bisnis retail melalui Caroline.id dan bisnis wholesale melalui lelang yang ditujukan untuk para dealer mobil bekas melalui JBA, dan juga bisnis pegadaian yang sudah mendapatkan izin OJK per Juni 2023 dan sudah beroperasional di sejak Juli 2023,” kata Jany, Jum’at (1/9/2023).
Saat ini, JBA merupakan salah satu first mover di bisnis lelang kendaraan. yang menguasai pangsa pasar terbesar dalam bisnis ini, mencapai 40%.
Dalam upaya memperkuat ekosistem mobil bekas, Caroline.id juga terus melakukan strategi meningkatkan brand awarness dan kepercayaan pelanggan melalui penambahan jaringan cabang atau showroom dan juga memberikan jaminan garansi 7G+ bagi seluruh pelanggan, sesuai tagline Caroline.id yaitu jual beli mobil bergaransi. Pada kuartal-III tahun 2023 ini, Autopedia juga telah membuka 3 cabang baru di Bekasi, Tajur, dan Cinere. (*AMBS)
Discussion about this post