J&T Express Ekspansi Ke Malaysia dan Vietnam

Armada J&T Express (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - PT Global Jet Express atau J&T Express tengah mempersiapkan ekspansi ke Malaysia dan Vietnam. Ini merupakan upaya untuk mengembangkan layanan jasa pengiriman ini lebih luas di Asia Tenggara.

“Dalam waktu dekat ini, kami sedang mewujudkan visi untuk mengembangkan J&T Express ke negara Asia Tenggara. Rencana ekspansi ini termasuk cepat karena terealisasi bahkan kurang dari dua tahun umur J&T,” kata Herline Septia Public Relations PT Global Jet Express, Rabu (30/5/2018) di Jakarta.

Herline menambahkan di kedua negara tersebut, sejumlah persiapan sudah dilakukan sejak awal 2018 lalu. SeUntuk Malaysia, pada awal Juli 2018 mendatang pihak J&T akan mengadakan trial operations antara lain dalam pengerjaan dengan target 2.000 SDM, 200 armada, 17 gateway/gudang sortir, serta 300 drop point. Persiapan itu juga telah menjangkau 12 kota di negara tersebut.

“Awal Juli nanti di Malaysia akan ada trial operations dahulu. Jadi diusahakan pada Juli ini mereka sudah bisa melakukan percobaan pengiriman,” terangnya.

Sementara untuk Vietnam, Heline menungkapkan, akan langsung dioperasikan pada awal Juli mendatang tanpa trial operation seperti di Malaysia. Itu karena peraturan di negara tersebut memudahkan J&T dalam berekspansi.”Perkembangan di Vietman lebih cepat karena mungkin di sana peraturan pemerintah tidak seketat di Malaysia, jadi improvement-nya lebih bagus. Vietnam sendiri sudah percaya diri untuk mulai operasi all nation pada Juli ini juga,” tambahnya.

Menurut Herline, untuk target pembangunan di Vietnam mencapai 2.000 SDM, 500 drop point, serta 3 gateway besar yang terletak di kota Ha Noi, Da Nang, dan Ho Chi Minh. Persiapan yang dilakukan juga sudah menjangkau 14 kota di Vietnam. “Kedua negara ini yaitu Vietnam dan Malaysia punya fitur e-commerce yang juga bagus dan juga akan maju beberapa tahun ke depan,” kata Herline.

Selain mengembangkan ekspansi di Malaysia dan Vietnam, di Indonesia J&T Express juga terus mengembangkan fasilitas dan layanan kepada pelanggan. Salah satunya dengan mulai berinovasi untuk membangun 33 Drop Point SPBU di area Jakarta. Hal tersebut dilakukan agar pelanggan dapat lebih mudah mengirimkan paketnya di lokasi terdekat.

“Drop Point SPBU memang untuk meningkatkan efisiensi jadi kita menjangkau pelanggan lebih dekat. Ini salah satu upaya jemput bola yang kita lakukan agar lebih mudah menjangkau pelanggan,” jelasnya.

Dipilihnya SPBU sebagai lokasi Drop Point karena dianggap strategis dan ramai dikunjungi. Denga begitu, pelayanan yang diberikan dapat lebih efisien termasuk ketika pelanggan hendak mengirim paket sekaligus mengisi bensin.

Drop Point tersebut didesain minimalis berupa kontainer dengan branding J&T Express. Pelanggan pun dapat dengan mudah menemukannya di sudut SPBU. Sementara itu, layanan yang tersedia pada Drop Point SPBU masih sama dengan Drop Point pada umumnya. Yang membedakan hanya belum adanya layanan penjemputan paket di tempat pelanggan. “Ini memang khusus untuk drop-off, jadi sampai saat ini layanannya memang untuk orang-orang yang hanya titip untuk kirim paket,” pungkasnya.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version