Kadin Entrepreneurship 2019: Pelaku Usaha Siap Hadapi Perubahan Dunia

Kadin Entrepreneurship 2019. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Dalam upaya menghadapi tantangan bisnis di era teknologi industri 4.0 agar memiliki daya saing dengan yang lain, Kamar Dagang Industri (Kadin) menggelar Kadin Entrepreneurship 2019.

Rosan P. Roeslani, Ketua Umum Kadin Indonesia menuturkan perubahan dunia industri yang begitu dinamis dan masuk di industri 4.0 dari sisi positifnya turut mendatangkan peluang baru diberbagai bidang. Salah satu nya, ia mengatakan peluang tersebut telah banyak dirasakan oleh kaum milenial di Indonesia.

“Anak muda sekarang sangat jeli melihat peluang. Bukan saja, memanfaatkan peluang digital ekonomi tetapi mereka juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mendatangkan investasi,” kata Rosan Rabu (27/2/2019) di Hotel Shangri-La Jakarta.

Acara bertema Boosting Indonesia’s Entrepreneurial Disruptive Economy Era ini Acara ini menggandeng para pelaku bisnis mulai dari marketplace, e-commerce dan pegiat usaha lainnya untuk mempersiapkan diri dalam dunia bisnis yang dinamis.

Pada kesempatan itu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menyampaikan, perubahan revolusi industri yang serba cepat bisa memberikan pilihan baru bagi produsen dan konsumen.

Baca juga :   UMKM Perluas Pemasaran Lewat Internet

“Revolusi industri bergeraknya sangat cepat mulai dari IoT, big data sampai teknologi AI ada di era ini. Wajar, jika semua itu akhirnya harus memberikan opsi yang baru bagi pengusaha dan konsumen untuk menentukan pilihannya. Ketika dulu hal ini tidak dipertimbangkan, sekarang harus diperhatikan. Jadi harus memperhatikan beberapa hal ketika ingin merubah atau tidak, dan harus berubah seperti apa,” kata Sri Mulyani.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato mengungkapkan bahwa era industri 4.0 sudah berjalan di Indonesia. Dia mencotohkan bahwa kehadiran beberapa ecommerce di Tanah Air merupakan sebuah bukti nyata kalau industri ini memang telah ada.

“Industri 4.0 sudah ada di dunia dan di Indonesia sudah berjalan. Contohnya, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dan Lazada itu semua industri 4.0. Ini adalah kesempatan buat masyarakat terlebih anak-anak muda di Indoensia berkreatif dan berkarya di industri 4.0.Kami berharap entrepreneur kita bisa beradaptasi dengan adanya perubahan teknologi ini,” pungkas Erlangga.

 

FAHRUL ANWAR