Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Kampanye TB Warriors 2.0 Johnson & Johnson Jangkau Ribuan Mahasiswa

6 Desember 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
TB Warriors 2.0 Johnson & Johnson

Kampanye TB Warriors 2.0 Johnson & Johnson Jangkau Ribuan Mahasiswa ((Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kampanye TB Warriors 2.0, yang diluncurkan Johnson & Johnson pada bulan Juni 2023, telah berhasil menyaring dan memotivasi sedikitnya 24.000 remaja berusia 18 hingga 24 tahun, untuk melakukan pemeriksaan online dan mengunjungi pusat kesehatan setempat.

Kampanye online-offline terpadu yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Stop TB Partnership Indonesia (STPI), Indonesia Muda untuk TB (IMUT), dan Yayasan Pijar – bertujuan membantu memberdayakan generasi muda untuk mengakhiri TBC sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memerangi penyakit mematikan ini.

Juliana Chin, Regional Public Health Impact & Strategy Lead, Johnson & Johnson Pharmaceutical for Southeast Asia & India mengatakan, kaum muda dapat menjadi perubahan agen yang kuat dalam mengubah persepsi masyarakat mengenai TBC dan meningkatkan kesadaran.

Hal ini sangat tepat mengingat 40% dari populasi Indonesia terdiri dari anak muda berusia antara 15 – 24 tahun. Tingkat penularan TBC pada kelompok usia ini dapat mencapai 20 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan populasi lainnya, namun 82% dari mereka saat ini tidak mencari pengobatan, sebagian karena tantangan seperti kurangnya kesadaran akan gejala TBC, stigma yang negatif, dan lainnya.

Baca juga :   Pekan Diplomasi Iklim 2021 Ajak Masyarakat Untuk Bertindak Atasi Krisis Iklim

“Oleh karena itu, melalui TB Warriors 2.0, kami fokus berupaya untuk lebih melibatkan kaum muda sebagai advokat dalam memerangi TBC di negara-negara Asia Tenggara – Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam – dan mendorong perilaku untuk mencari pengobatan bagi diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka,” kata Juliana, dikutip Rabu (6/12/2023).

Sejak bulan Juni, kampanye offline TB Warriors 2.0 telah melakukan serangkaian kegiatan edukasi di kampus-kampus di beberapa kota besar di Indonesia, antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Udayana (Unud), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Indonesia (UI).

Program ini menjangkau sekitar 7.387 orang mahasiswa dan melakukan pemeriksaan kepada hampir 1.000 mahasiswa melalui acara bincang-bincang (talk show) TBC serta bilik (booth) pendidikan dan pemeriksaan terkait TBC. Aktivasi ini telah membimbing 38 TB Warrior Champions yang memfasilitasi kegiatan di universitas, melalui program ‘train the trainers’ yang memungkinkan pemberdayaan generasi muda untuk melakukan advokasi terhadap pemberantasan TBC.

Baca juga :   LIPI Kembangkan Komponen Baterai Lithium dari Tempurung Kelapa

Kegiatan ini berhasil mengidentifikasi 147 (14,8%) orang dengan gejala TBC hanya dalam waktu 2 bulan setelah kampanye, dan mereka dihubungi oleh penyedia layanan kesehatan dan perwakilan klinik universitas. Sebagai bagian dari tujuan kampanye ini, memfasilitasi kolaborasi antara dinas kesehatan dan fasilitas kesehatan di tingkat kabupaten dengan universitas adalah kunci untuk membantu memperkuat hubungan dan keberlanjutan kesadaran TBC dan penemuan kasus.

“Kami di STPI sangat bangga dapat mendukung gerakan yang memberdayakan anak muda menuju Indonesia bebas TBC bersama Johnson & Johnson dan IMUT dalam program TB Warriors 2.0. Kami berharap program TB Warriors 2.0 tidak hanya meningkatkan kesadaran tentang TBC tetapi semakin memperkuat gerakan generasi muda untuk mendukung eliminasi TBC 2030,” kata dr. Nurul Luntungan, MPH., Ketua Yayasan STPI.

Baca juga :   Kontribusi E-Commerce Indonesia untuk Global Baru 0,6%

Kampanye TB Warriors 2.0 secara resmi diluncurkan pada 20 Juni 2023 di Pura Mangkunegaran di kota Surakarta, Jawa Tengah. Upaya ini merupakan bagian dari inisiatif TB 10 tahun dari Johnson & Johnson yang bertujuan membantu mengakhiri epidemi TBC global, yang merenggut 1,3 juta jiwa pada tahun 2022.

“Kami di Johnson & Johnson sangat mengapresiasi kemitraan dengan STPI dan IMUT, dan kami juga bangga dapat bermitra dengan universitas-universitas besar di Indonesia. Kami berharap lebih banyak generasi muda akan bergabung dalam upaya kami untuk mengakhiri TBC dengan meningkatkan kesadaran tentang TBC, mendorong perilaku mencari pengobatan, dan mendorong diagnosis dini,” tutup Juliana.

 

HENNI S.

Tags: Johnson & JohnsonKampanye TB Warriors 2.0penyakit TBC
Previous Post

Skema Pembiayaan Bersama untuk Membidik Nasabah Underbanked

Next Post

Dukung Transisi Energi Terdesentralisasi, Schneider Electric Gandeng 15 Politeknik Negeri

Related Posts

Gamifikasi
News

Johnson & Johnson Ajak Anak Muda Tanggulangi TBC dengan Gamifikasi “TB Warriors”

26 Juli 2022
0
Strategi Shopee Untuk Perluas Pasar e-Commerce di Indonesia
News

Official Shop Johnson & Johnson Hadir di Shopee

26 Februari 2018
0
Load More
Next Post
Schneider Electric

Dukung Transisi Energi Terdesentralisasi, Schneider Electric Gandeng 15 Politeknik Negeri

Bootcamp DSC Season 14 Berikan Dasar Membangun Bisnis Berbasis Nasionalisme

Bootcamp DSC Season 14 Berikan Dasar Membangun Bisnis Berbasis Nasionalisme

Program PFpreneur

Pertamina Berdayakan Pengusaha UMKM Perempuan Melalui Program PFpreneur

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version