Kartu Kredit Digital Makin Digemari

Kredivo menggandeng layanan sistem kasir online, Moka. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kredivo, kartu kredit digital untuk milenial pertama di Indonesia, merilis Kredivo’s Customer Satisfaction Survey 2019. Survei yang diambil dari 1110 responden dengan profil demografis beragam menunjukkan bahwa hampir 80% responden memilih kartu kredit digital sebagai metode pembayaran yang paling digemari.

Survei yang ditujukan untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap produk Kredivo ini dilakukan dengan bekerja sama dengan IDC (International Data Corporation), lembaga penelitian dan konsultasi terkemuka asal Amerika Serikat yang tersebar di 110 negara.

“Sebelum adanya kartu kredit digital seperti Kredivo, layanan kredit di e-commerce hanya ditawarkan oleh kartu kredit konvensional atau perusahaan mutifinansial. Namun, hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan akses ke layanan tersebut karena kurangnya data skor kredit serta proses registrasi yang berbelit-belit dan memakan waktu lama. Kini kehadiran kartu kredit digital yang menawarkan proses serba online dan persetujuan yang cepat berdasarkan data alternatif calon debitur menjadi solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan akses kredit dengan mudah dan nyaman,” ungkap Indina Andamari, Head of Marketing Kredivo dalam keterangannya, Selasa (9/7/2019) di Jakarta.

Survei ini juga menunjukkan bahwa kartu kredit digital lebih disukai dibanding metode lainnya seperti transfer bank (8%), kartu kredit (6%), dan metode pembayaran lainnya (CoD, e-wallet dan debit) sebesar 7%. Selain itu dipilihnya Kredivo sebagai metode pembayaran terfavorit dikarenakan kemudahan dan kepraktisan saat digunakan bertransaksi. Sekitar 74% responden memilih faktor ini sebagai pertimbangan utama dalam memilih metode pembayaran terfavorit, diikuti oleh faktor bunga yang rendah sebesar 24% dan masing-masing 1% untuk faktor kemudahan mendaftar serta faktor limit yang tinggi. 

Kemudahan dan kepraktisan dari metode pembayaran ini dikarenakan kartu kredit digital telah didesain untuk melakukan transaksi dan checkout melalui smartphone. Setelah pengajuan disetujui, pengguna dapat berbelanja di merchant rekanan menggunakan limit kredit yang diberikan untuk membayar dengan fitur cicilan atau PayLater. Melalui sistem terintegrasi, pembayaran di e-commerce dapat diselesaikan dengan 1 klik, tanpa harus memasukkan data sensitif atau berpindah ke aplikasi pembayaran lain. Keunggulan-keunggulan ini tidak dimiliki oleh metode pembayaran lain seperti kartu kredit konvensional dan transfer bank.

“Dengan kemudahan dan kepraktisan bertransaksi yang ditawarkan, Kredivo memberikan akses kredit instan dengan bunga 50% lebih rendah dibandingkan penawaran serupa di pasaran, hampir setara bank. Konsumen dapat menikmati layanan bayar dalam 30 hari dengan bunga 0% atau cicilan 3, 6, 12 bulan dengan bunga 2,95% per bulan. Keamanan data pelanggan juga merupakan prioritas utama kami dan menjadi salah satu daya tarik Kredivo sebagai metode pembayaran online,” tambah Indina.

Saat ini Kredivo telah menjadi metode pembayaran di berbagai e-commerce ternama seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.id dan lebih dari 250 merchant online maupun offline. Selain digunakan sebagai metode pembayaran online, limit kredit Kredivo juga dapat ditarik tunai hingga Rp30 juta dengan tenor hingga 6 bulan.

STEVY WIDIA