Keamanan Transaksi E-Commerce Itu Perlu

Signing Ceremony Of Partnership Agreement For B-Secure, Rabu (7/12/2016) di Jakarta.(Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Potensi pangsa pasar e-commerce di Indonesia sangat menjanjikan. Bahkan, nilai itu diperkirakan meningkat hingga US$ 130 miliar pada 2020. Hal itu perlu didukung dengan upaya peningkatan keamanan dan mengurangi kecurangan.

Untuk itu penyedia layanan sistem pembayaran, PT Artajasa Pembayaran Elektroniks mengumumkan perjanjian kerjasamanya dengan PT Infinitum Solutions dalam pengembangan sistem keamanan dan solusi pembayaran e-commerce untuk bank dan merchant.

Direktur Artajasa Nawawi mengatakan, data terbaru Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan pada 2015, nilai transaksi di e-commerce sebesar US$ 20 miliar. Bahkan, nilai itu diperkirakan meningkat hingga US$ 130 miliar pada 2020.

“Dengan potensi tersebut, maka kami berusaha meningkatkan keamanan agar ke depannya bisa meraih pasar yang lebih besar. Untuk itu kami sangat berterima kasih dapat bermitra dengan Infinitium yang mendukung kami dalam menerapkan e-commerce melalui dynamic One Time Password (OTP) authentication,”Kata Nawawi pada acara Signing Ceremony Of Partnership Agreement For B-Secure, Rabu (7/12/2016) di Jakarta.

Baca juga :   Shopee Peroleh Suntikan Modal US$ 575 Juta

Sementara Chief Executive Officer Infinitium Group of Companies, Ho Cing Wee mengatakan kerjasama ini bisa lebih meningkatkan teknologi dan operasional antara bank dan merchant.

“Hal ini diprediksi bisa meningkatkan bisnis e-commerce dengan mempermudah transaksi dari bank ke merchant dan pemegang kartu,” ujar Ho Ching. Dengan kerjasama ini, katanya kedua belah pihak akan mengembangkan sistem keamanan dengan nama B-secure dengan fitur sistem autentifikasi Dynamic One Time Password (OTP). Fitur ini dirancang agar kompatibel dengan berbagai bank di bawah ATM Bersama.

Secara teknis, B-Secure memungkinkan bank di bawah ATM Bersama menjadi bagian dalam pembayaran e-commerce. Hal ini karena menurut Direktur Artajasa Bayu Hanantasena, tidak semua bank memiliki lisensi Visa atau Mastercard dalam transaksi e-commerce.

Dengan sistem dan fitur B-Secure, transaksi pembelian online mulai dari autentifikasi, autorisasi dan persetujuan transaksi akan dilakukan secara lebih cepat (real time) Infinitium dalam hal ini adalah penyedia jasa untuk implementasi solusi otentifikasi OTP.

Dengan hal ini menurut Bayu, Artasaja akan bisa meningkatkan efisiensi, kepercayaan dan kenyamanan pelanggan. Selain itu, kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan keamanan dengan mengurangi ancaman kecurangan dalam merchant.

Baca juga :   LIPI Kirim 5 Pelajar Indonesia Ikut IEYI Di China

STEVY WIDIA