youngster.id - Di era digital saat ini, berbagai informasi telah membanjiri internet. Namun informasi tersebut tersebar secara acak dan parsial di berbagai website, maupun media sosial, dan hal ini menimbulkan kesulitan tersendiri bagi traveler untuk mendapatkan itinerary yang diinginkan.
Hal inilah yang melatarbelakangi hadirnya Kemanayo, sebuah itinerary marketplace yang menyediakan berbagai pilihan yang menyeluruh dan personal.
Rizal Azhar, Direktur Kemanayo, mengatakan selama ini, banyak traveler yang kesulitan mendapatkan itinerary yang sesuai dengan keinginan mereka. Seringkali mereka harus berpindah-pindah ke banyak website, serta media sosial, lalu men-screenshot atau mencatat secara manual. Hal ini selain menyebabkan banyak waktu yang terbuang, sering kali juga membuat traveler menjadi bingung dalam menentukan.
“Sekarang sudah bukan jamannya lagi traveling yang kaku dan membosankan. Di Kemanayo, kami mengkategorikan itinerary yang tersedia secara tematik sesuai dengan minat dari traveler, seperti kuliner, sejarah, sport, outdoor, hingga instahunt,” ungkap Rizal pada Selasa (15/6/2021).
Kemanayo menawarkan perjalanan wisata yang unik dan personal, dimana setiap pilihan itinerary yang tersedia di dalam platform diciptakan secara tematik oleh travel contributor yang merupakan travel enthusiast, tour guide, UMKM, hingga masyarakat lokal dari setiap destinasi.
Platform berbasis website dan mobile app ini menyediakan produk berupa berbagai macam itinerary, dengan panduan travel lengkap, built-in digital map, serta detail kegiatan yang dapat dilakukan, dan juga rekomendasi dari travel contributor mengenai hal apa saja yang seru dan wajib untuk dilakukan. Bagi pecinta media sosial, Kemanayo juga menyediakan informasi tambahan seperti spot foto Instagenic hingga tips dan trik yang bisa bikin makin eksis.
“Ambil contoh, buat pecinta gowes, kalian bisa mendapatkan rute gowes yang seru dan anti mainstream, atau buat penggemar K-Pop, kalian juga bisa mendapatkan itinerary yang K-Pop banget,” tambah Rizal.
Sebagai akselerator yang mensinergikan antara informasi dan data, pelaku bisnis, masyarakat, media, komunitas, jurnalis dan seluruh pihak terkait, Kemanayo terus melakukan inovasi agar dapat memberikan social impact dan pertumbuhan ekonomi pada setiap daerah kunjungan wisata, sehingga dapat turut membangkitkan industri pariwisata Indonesia pasca pandemi.
“Kemanayo selalu berusaha melibatkan sebanyak mungkin peran masyarakat lokal serta UMKM, dan bekolaborasi dengan pemerintah pusat maupun daerah, selain bertujuan agar dapat meningkatkan potensi pariwisata lokal, kami harap juga semakin membuka kesempatan bagi para pelaku usaha dalam mempromosikan usahanya,” kata Rizal menegaskan.
Sejalan dengan ini, Muhamad Tidar Hetsaputra, Koordinator Tata Kelola Ekonomi Digital II Kemenparekraf mengatakan, agar industri pariwisata Indonesia bisa pulih, dibutuhkan inovasi yang berbeda dan sesuai dengan tren masa kini.
“Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki multiplier effect terbesar dalam roda perekonomian Indonesia. Dan sangatlah penting agar kemajuan pariwisata juga sejalan lurus dengan peningkatan ekonomi daerah, karena industri pariwisata berkaitan dengan berbagai subsektor mulai dari transportasi dan akomodasi hingga usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),” kata Tidar.
Menjawab harapan Kemenparekraf, Kemanayo juga secara rutin mengadakan kolaborasi dengan berbagai bisnis lokal dan tempat wisata maupun kuliner lokal di berbagai daerah. Melalui berbagai kolaborasi yang Kemanayo lakukan, traveler bisa mendapatkan pengalaman traveling yang menyeluruh. Selain dapat menikmati itinerary yang tersedia, traveler juga bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat, dan mencoba berbagai macam usaha lokal berkualitas.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post