youngster.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan raksasa e-commerce Alibaba, meluncurkan portal jual beli produk Indonesia di Tiongkok yang bernama INAMALL. Portal e-commerce yang dibuat Indonesia di Tiongkok ini akan memajang produk-produk unggulan dan produk unik Indonesia dalam Bahasa Mandarin.
“Pemerintah terus mengembangkan kerja sama e-commerce, termasuk dengan Tiongkok, guna meningkatkan ekspor produk unggulan Indonesia. Kita terus mendalami kerja sama bidang e-commerce dengan Tiongkok, khususnya pemain-pemain raksasa e-commerce seperti Alibaba,” kata Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (9/7/2016).
Menurut Mendag, INAMALL merupakan platform business to consumer (B2C) dari Tmall Global, anak Grup Alibaba, untuk produk yang belum masuk pasar ritel Tiongkok. Lewat portal ini, para konsumen dan pengusaha Tiongkok akan semakin mudah mendapatkan produk-produk Indonesia hanya dengan melihat portal INAMALL. Pada tahap awal, produk yang dipasarkan memiliki ciri khas Indonesia, seperti kopi luwak, aneka kudapan seperti biskuit, aromaterapi safecare, keripik singkong KUSUKA, dan produk minuman Inaco.
“Platform ini memberikan akses pengusaha Indonesia untuk dapat menjual produknya langsung kepada konsumen di Tiongkok tanpa melalui importir atau distributor,” imbuhnya.
Sebagai salah satu upaya untuk menjaring konsumen dan dalam menyambut peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Tom menyampaikan INAMALL akan membagikan kupon diskon kepada pelanggan di Tiongkok.
“Konsumen Tiongkok diharapkan dapat ikut serta memeriahkan acara peringatan kemerdekaan Indonesia,” pungkas Thomas.
STEVY WIDIA
Discussion about this post