Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Kemenkop & UKM Targetkan 500 UKM Jadi Usaha Berskala Besar

30 Januari 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Kemenkop & UKM Targetkan 500 UKM Jadi Usaha Berskala Besar

Aneka produk kerajinan dari UKM (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - YOUNGSTERS.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop & UKM), melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP KUKM), menargetkan 500 UKM bisa naik kelas pada tahun ini. Bagaimana caranya?

Menurut Ahamd Zabadi, Dirut LLP KUKM, agar bisa naik kelas menjadi usaha berskala besar, para UKM ini harus mengembangkan kualitas produk. Pengembangan kualitas produk ini, baik dari sisi disain, branding, marketing, maupun packaging, sehingga mereka bisa masuk ke pasar modern.

“Untuk memenuhi target tersebut, sejak awal tahun kami sudah melakukan beberapa kegiatan Temu Mitra dan Capacity Building dengan pelaku UKM,” ujar Zabadi dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Zabadi, pihaknya memiliki tugas pokok dan fungsi serta bertanggung jawab mempromosikan dan memasarkan produk-produk pelaku koperasi dan UMKM dari seluruh Indonesia ke pasar dalam dan luar negeri. Misalnya, tahun lalu pihaknya meluncurkan Galeri Indonesia WOW sebagai bentuk rebranding UKM Galery.

Baca juga :   Loket, KiosTix dan Blibli Bergabung Kelola Tiket Asian Games 2018

LLP-KUKM juga memiliki mandat dari pemerintah sebagai pilot project Rumah Pemasaran Terpadu (Trading House) bagi para pelaku usaha koperasi dan UKM. “Rumah Pemasaran Terpadu LLP-KUKM adalah wahana bagi para pelaku KUKM untuk dapat memasarkan produknya ke pasar dalam dan luar negeri,” jelas Zabadi.

‪Selain itu, untuk memasilitasi KUKM mitra, LLP-KUKM menyediakan wahana bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya ke luar negeri. Caranya dengan membangun website trading house yang dapat diakses buyer dari luar negeri. “Website ini adalah bagian dari marketing intelligent,” tegasnya.

‪Website tersebut berisi profil dan produk KUKM mitra siap ekspor, sehingga buyer dapat langsung melihat produk apa saja yang diminati dan menjadi tren saat ini. LLP-KUKM akan menasilitasi permintaan tersebut dan menghubungkannya kepada KUKM mitra.

Baca juga :   Banten Diminta Garap Pariwisata Berbasis UMKM

“LLP-KUKM juga akan membantu fasilitasi perizinan dan kargo, bagi pelaku usaha yang mendapat order ekspor,” kata Zabadi.

Tak kalah penting, lanjut Zabadi, melakukan promosi produk KUKM unggulan. Untuk mendukung hal itu, LLP-KUKM menjalankan sejumlah aktivitas promosi yakni melalui kegiatan offline dan online. Kegiatan offline adalan aktivitas promosi berupa pameran dalam dan luar negeri, bisnis matching, event promosi produk KUKM di Galeri Indonesia WOW, serta sosialiasi GIW dan Trading House ke 34 provinsi dan stakeholder.

 

ANGGI AJI SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

Tags: Ahmad ZabadiKementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop & UKM)Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP KUKM)marketing intelligentwebsite trading house
Previous Post

Ryan Gondokusumo : Tidak Menyangka Menjadi Entrepreneur

Next Post

Mahasiswa FKG Unhas Juara Se-ASEAN Berkat Danke

Related Posts

Danamon Peduli Gelar Pasar Sejahtera dan Festival Pasar Rakyat (FPR) Magelang 2018
Headline

Pemerintah Siapkan Bantuan Modal Kerja UMKM Rp 28,8 T

7 Agustus 2020
0
Kemenkop UKM Gandeng Facebook Latih 15 Ribu UMKM
Headline

Kemenkop UKM Gandeng Facebook Latih 15 Ribu UMKM

30 Juli 2020
0
mitra bukalapak
Headline

Bukalapak Siap Salurkan KUR ke UMKM Mitra

19 November 2019
0
Load More
Next Post
Mahasiswa FKG Unhas Juara Se-ASEAN Berkat Danke

Mahasiswa FKG Unhas Juara Se-ASEAN Berkat Danke

Kyle dan Kane, Tak Takut Berbisnis Di Usia Remaja

Kyle dan Kane, Tak Takut Berbisnis Di Usia Remaja

Permudah Startup, Kadin Ajukan Perizinan Kantor Virtual ke Kemendag

Permudah Startup, Kadin Ajukan Perizinan Kantor Virtual ke Kemendag

Discussion about this post

Recent Updates

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version