Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

KemenkopUKM Gandeng Titipku Untuk Dorong Digitalisasi Pasar Rakyat

9 November 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Titipku

Maksimalkan Pelayanan, Aplikasi Titipku Perluas Cakupan Pasar (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) Republik Indonesia mendorong koperasi dan pedagang pasar tradisional untuk mulai merambah pangsa pasar online. Untuk itu, Kemenkop UKM menggelar program “Pengembangan Pasar Rakyat” yang berfokus pada proses digitalisasi pasar.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM, Victoria br Simanungkalit mengatakan, program “Pengembangan Pasar Rakyat” merupakan respons atas fenomena banyak pasar tradisional di Indonesia yang tutup. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebutkan bahwa jumlah pasar tradisional turun drastis dari 13.540 menjadi 9.950 pasar dalam kurun waktu 2007 hingga 2011. Oleh karenanya, KemenkopUKM berusaha mempertahankan eksistensi pasar tradisional dengan memberikan ruang digital bagi pedagang pasar tradisional melalui program ini.

Baca juga :   Sayembara Revolusi Mental Untuk Komikus dan Selebgram

“Ke depan diharapkan digitalisasi koperasi dan pasar rakyat juga akan dilakukan di pasar-pasar yang telah kami revitalisasi sejak tahun 2003 – 2019 di seluruh Indonesia. Harapannya agar pelaku usaha di dalamnya dapat menuai manfaat yang lebih baik dari perkembangan pasar internet dan meningkatkan kesejahteraan para pedagang dan anggota koperasi,” kata Victoria dalam keterangan resmi, Senin (9/11/2020).

Dia mengungkapkan, untuk proses digitalisasi KemenkopUKM menggunakan platform digital yang dikembangkan oleh inovator lokal, yakni Titipku. KemenkopUKM melalui tim Titipku nantinya akan memandu pedagang di kedua pasar untuk memulai berjualan secara online.

Aplikasi Titipku memungkinkan pedagang kecil di pasar tradisional untuk menjajakan produknya melalui kanal online, sehingga dapat menjamah pangsa pasar yang lebih luas. Konsep aplikasinya juga memungkinkan “Penjelajah” (pengguna Titipku) untuk membantu para pedagang memasukkan daftar produknya ke dalam aplikasi.

Baca juga :   Transaksi LinkAja di Pasar Tradisional Naik 64%

CEO Titipku, Henri Suhardja, mengungkapkan, UMKM adalah masa depan Indonesia. “Adanya kolaborasi antara KemenkopUKM, Dinas Koperasi, pengurus koperasi pasar, dan semua pedagang adalah solusi untuk kemajuan bersama. Di sisi lain, dukungan masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk membantu program Pengembangan Pasar Rakyat,” katanya.

Menurut Henri, tidak semua pelaku UMKM memiliki pemahaman digital atau internet yang baik. Adanya program ini akan membangun sebuah ekosistem digital di mana masyarakat di sekitar pasar juga dapat saling mendukung perekonomian hingga pada akhirnya dapat menguatkan koperasi pasar. Peran koperasi pasar sendiri juga diharapkan akan makin optimal dengan proses digitalisasi ini, sehingga koperasi pasar dapat menjadi lokomotif atau tulang punggung kesiapan pasar rakyat menuju era baru dalam perdagangan.

Baca juga :   Satgas Tutup 80 Pinjol Ilegal dan 9 Investasi Bodong

Program ini dimulai di dua pasar di Yogyakarta, yakni Pasar Ngoto dan Pasar Piyungan. Program ini akan berlangsung mulai 9 November 2020 hingga 31 Desember 2020.

 

STEVY WIDIA

Tags: digitalisasi pasarkemenkop-ukmKementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengahpasar tradisionalPengembangan Pasar RakyatTitipku
Previous Post

Ovo, Grab, dan Tokopedia Berkolaborasi Untuk Harbolnas 11.11

Next Post

DANA Kini Punya 45 Juta Pengguna Aktif di Kuartal III 2020

Related Posts

Hendri - Titipku
News

Inovasi Titipku Berfokus Pada Keuntungan Bersama

19 Agustus 2024
0
Titipku #PastiBerkah
News

Meriahkan Ramadan, Titipku Gelar Kampanye #PastiBerkah

14 Maret 2024
0
Lapak Andalan Titipku
News

Titipku Luncurkan Fitur Lapak Andalan Titipku

28 Desember 2023
0
Load More
Next Post
DANA Target Jaring 30 Juta Pengguna Akhir Tahun 2019

DANA Kini Punya 45 Juta Pengguna Aktif di Kuartal III 2020

Kolaborasi Eksklusif Telkomsel dan Lazada Untuk Festival Belanja Akhir Tahun

Kolaborasi Eksklusif Telkomsel dan Lazada Untuk Festival Belanja Akhir Tahun

Sitebeat Bagi-Bagi 1.111 Website Gratis untuk Pelaku UMKM Tanah Air

Sitebeat Bagi-Bagi 1.111 Website Gratis untuk Pelaku UMKM Tanah Air

Discussion about this post

Recent Updates

WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version