Kemenpar Raih Penghargaan Terbaik di TTG Travel Awards

Indonesia meraih Best National Tourism Organization (NTO) di ajang TTG Travel Awards 2018 di Centara Grand & Bangkok Convention Centre, Thailand. (Foto: Kemenpar/youngster.id)

youngster.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meraih penghargaan kategori The Best Ministry of Tourism atau Best National Tourism Organization (NTO) di ajang TTG Travel Awards 2018. Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai pengharagaan untuk Wonderful Indonesia penting karena tiga alasan, yaitu “confidence, credibility, dan calibration.”

“Awards akan menaikkan confidence level (kepercayaan diri) kita. Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self-confidence kita akan naik. Banyak sekali orang yang menyatakan bahwa penghargaan ini meningkatkan self-confidence,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Jumat (21/9/2018).

Menurut Arief, perusahaan yang hebat atau besar adalah perusahaan yang memberikan tantangan seluruh orang di dalamnya dengan tantangan yang besar, yang ketika itu tercapai akan dapat meningkatkan kepercayaan diri seluruh karyawannya.

“Kemenangan-kemenangan tersebut akan meningkatkan self-confidence kita dan membawa kita untuk yakin menuju kemenangan berikutnya. Terima kasih kepada seluruh pembaca dan pihak yang terkait Awards di TTG Asia,” katanya.

Senada dengan Arief, apresiasi juga diberikan oleh Tenaga Ahli Menteri Bidang Pemasaran dan Kerja Sama Pariwisata Kemenpar, I Gede Pitana. “Selamat untuk Kemenpar, selamat untuk segenap insan pariwisata, majulah pariwisata Indonesia. Wonderful Indonesia,” kata Pitana.

Dirinya berpendapat bahwa pengakuan ini tidak mudah didapatkan. Menurutnya, selama karier dirinya yang sudah puluhan tahun sebagai nayaka praja di Kemenpar, baru sekaranglah Indonesia bisa mendapatkan penghargaan sebagai lembaga pemerintah di bidang pariwisata terbaik di Asia.

Penghargaan ini diserahkan dalam acara Awards Ceremony & Gala Dinner 29th Annual TTG Travel di Centara Grand & Bangkok Convention Centre, Thailand, pada 20 September 2018. Penghargaan diserahkan oleh Managing Director TTG Asia Media Darren Ng, yang kemudian diterima oleh Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Ahmad Rusdi.

“Ini penghargaan yang luar biasa untuk Kemenpar, dan ini hasil dari voting pembaca TTG Asia yang sebarannya ke seluruh dunia. Kami lakukan penghargaan ini dengan sangat maksimal dan melibatkan para pelaku pariwisata maupun pembaca setia, jadi selamat untuk Kemenpar,” kata Darren.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Tim Pemenangan Wonderful Indonesia Vita Datau yang juga hadir dalam acara pemberian penghargaan itu. Dirinya menilai, penghargaan untuk Kemenpar dan bangsa Indonesia ini sesuatu yang membanggakan dan luar biasa, karena penghargaan ini datang dari media pariwisata yang pasarnya adalah seluruh pelaku pariwisata di Asia Pasifik maupun dunia.

“Dan ini dilakukan dengan cara voting, oleh para pembaca setia dan pelaku pariwisata. Lagi-lagi, branding kita sudah sangat luar biasa di luar negeri. Alhamdulillah, Wonderful Indonesia sudah sukses meraih sejumlah penghargaan internasional,” kata Vita.

Vita pun menjelaskan bahwa TTG adalah tabloid khusus pariwisata yang selalu eksis di setiap travelmart di seluruh dunia. Sebagai media, TTG tergolong sudah berusia senior. Media ini didirikan sebagai Travel Trade Gazette pada 1953, dan bergerak di liputan pariwisata.

TTG Travel Awards adalah penghargaan bergengsi bagi industri travel se-Asia Pasifik sejak 1989. Acara tahunan itu bertujuan untuk menghormati organisasi dan individu dalam berbagai kategori, di antaranya travel supplier, travel agency, outstandimg achievement, dan travel hall of fame.

Sejak pertama kali penghargaan dimulai, acara ini tumbuh secara signifikan dari industri dan jumlah penghargaan yang diberikan. Selain dari pembaca, voting juga meminta para profesional industri maupun para pelaku pariwisata.

Acara ini digelar oleh TTG Asia dengan dukungan dari TTG India, TTG China, TTG Mice, TTG Associations, TTC BT Mice China, dan TTG Asia Luxury.

STEVY WIDIA

Exit mobile version