Ketringan.com, Juara di BRIxGoogle Cloud Hackathon

Para pemenang BRIxGoogle Cloud Hackathon. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Ketringan, salah satu Startup binaan StartupHub.id Telkom University menjadi juara di ajang kompetisi BRIxGoogle Hackathon. Kompetisi ini sendiri merupakan wadah bagi para penggiat startup untuk pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan UMKM.

Ajang kompetisi bertema “Membangun Ekonomi Digital Indonesia Bersama UMKM” berlangsung pada 10-11 Februari lalu serentak di tiga kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Seperti judulnya, event ini merupakan kolaborasi antara bank BRI dan Google Indonesia. Para mahasiswa dituntut untuk bisa memecahkan problematika perekonomian di Indonesia menggunakan bisnis dan teknologi.

Tim yang dipimpin oleh Rizsa El Akbar founder dan CEO Ketringan.com berhasil menjadi juara dengan menyisihkan lebih dari 20 tim peserta. Mereka mengembangkan marketplace yang menghubungkan rumah makan, warteg dan produksi makanan rumahan ke konsumen. Ketringan melakukan standarisasi terhadap produk yang akan dijual, sehingga tidak ada penipuan serta kualitas terjaga pada saat penjualan, untuk standar harga juga seusai dengan produk yang ditawarkan.

Inovasi dari Ketringan juga hadirnya chatbot. Sehingga konsumen bisa langsung memesan makanan langsung dan dilayani oleh chatbot, apakah catering untuk harian, mingguan atau untuk bulanan. Layanan Ketringan sudah berjalan di Telkom University, ekspansi akan dilakukan ke perguruan tinggi lain seperti UNISBA dalam waktu dekat ini.

Ketringan tercipta dari hasil kolaborasi mahasiswa aktif dari empat Fakultas di Telkom University yaitu Fakultas Ilmu Terapan, Fakultas Komunikasi & Bisnis, Fakultas Informatika dan Fakultas Industri Kreatif. Ketringan sendiri merupakan salah satu startup binaan StartupHub.id, komunitas riset dan startup mahasiswa hasil kolaborasi para mentor dari Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis.

Selain itu juga pada bulan April, Ketringan terpilih sebagai salah satu startup yang akan berlaga di acara StartupIstanbul.

STEVY WIDIA

Exit mobile version