Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Kiat Jitu Mengembangkan Bisnis di TikTok Shop

4 Juli 2022
in Analyze, News
Reading Time: 3 mins read
Project S

Project S TikTok, Perlu Dibuat Peraturan Untuk Social Commerce (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Beberapa tahun belakangan ini, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) semakin banyak yang terlihat menggunakan platform digital untuk menumbuhkan bisnisnya, atau lebih dari dua kali lipat sejak awal pandemik.

Demi mendukung perkembangan UKM di Indonesia, TikTok Shop, platform e-commerce yang sepenuhnya terintegrasi di mana sellers bisa mengunggah konten, melakukan livestream, berjualan, hingga melakukan pengiriman melalui platform TikTok, mendukung pengembangan para UKM lokal ini dengan menyelenggarakan sejumlah pelatihan, termasuk TikTok Shop Seller Conference yang diadakan baru-baru ini.

Sejumlah seller UKM dan kreator yang hadir di acara TikTok Shop Seller Conference bertemakan “Tumbuh Bersama TikTok Shop” ini membagikan tips untuk membantu sesama UKM agar bisa merintis usaha di TikTok Shop. Apa saja tipsnya? Mari kita simak!

Konsistensi hadirkan konten livestream sales yang menghibur dan anti membosankan

Salah satu bagian dari TikTok Shop adalah livestream sale yang menyediakan interaksi real-time antara seller, kreator, dengan pengguna lainnya yang menjadi calon pelanggan. Sesi livestream sale ini kerap digunakan oleh seller untuk menunjukkan keunggulan produk mereka, sekaligus membantu pengguna dalam memilih produk yang sesuai. Hal ini menjadi fokus utama dari seller Ayjona Store yang fokus berjualan kaftan dengan berbagai model terkini, melalui sesi livestream sale di TikTok Shop. Seller UKM asal Jakarta ini sangat mementingkan tampilan visual yang apik dan juga interaksi seru antara pengguna dengan host, apalagi sesilivestream Ayjona Store bisa berlangsung 24 jam dengan empat kali pergantian host dalam satu hari.

Baca juga :   Dorong Pemberdayaan Perempuan Indonesia Lewat Pemanfaatan Teknologi

“Tantangan kami adalah bagaimana pengguna bisa tertarik dengan koleksi kaftan kami dan mau berinteraksi dengan host atau penjual, kapan pun dan di mana pun mereka berada. Bersama para host livestream, kami juga terus belajar untuk mengemas sesi dengan seru, sekaligus informatif, pengguna akan merasa lebih nyaman berbelanja di TikTok Shop kami,” ujar Dina Apria Geni, pemilik dari Ayjona Store.

Trik jitu ini berhasil membawa seller ini mencatat peningkatan GMV hingga 10 kali lipat pada saat Ramadan tahun ini di TikTok Shop.

Maksimalkan berbagai solusi dan fitur di platform TikTok

Sebagai perusahaan berbasis teknologi, TikTok senantiasa memperbarui platformnya dengan berbagai fitur dan solusi yang dapat mendukung kreativitas dan kemajuan penggunanya, termasuk juga para UKM lokal. Mulai dari effect dan musik untuk video singkat, hingga solusi iklan dan pemasaran di TikTok. Penggabungan berbagai solusi dan fitur ini bisa diterapkan untuk memaksimalkan manfaat yang dirasakan di TikTok Shop seller, seperti yang dilakukan oleh GBMJ Butik.

“Mengeksplorasi kreativitas menjadi bagian penting dari strategi kami di platform TikTok. Kami ingin pengguna bisa tertarik dan berinteraksi dengan berbagai konten promosi kami di mana mereka bisa menemukan keranjang produk kami, mulai dari video singkat ataupun sesi livestream yang seru. Untungnya, ada banyak lagu trending yang bisa kami gunakan di konten video singkat kami di TikTok, digabungkan dengan solusi Ads, sehingga bisa mendatangkan pengguna ke sesi livestream sales kami dan berbelanja di akun TikTok Shop kami,” kata Bella Juniartha, pemilik dari GBMJ Butik.

Baca juga :   Gandeng Gameqoo, Sharp Indonesia Gelar Kompetisi Game Balap Mobil

Terbukti, dengan cara ini, GBMJ Butik menorehkan peningkatan GMV hingga miliaran rupiah dalam sebulan terakhir di TikTok Shop.

Berkolaborasi dengan kreator untuk hasilkan konten dan livestream yang lebih seru

Menghadirkan sosok kreator yang dikagumi dan relavan dengan target audiens dapat membantu brand menghasilkan konten video singkat dan livestream dengan tingkat partisipasi tinggi dari audiens. Strategi ini dilakukan oleh Shop At Blow, seller UKM dengan produk sepatu dan sandal yang trendy.

Pemilik Shop At Blow Vincent Octavianus menceritakan bagaimana kehadirkan kreator atau selebriti bisa membantu mereka menarik lebih banyak interaksi dengan pengguna, termasuk di dalam konten promosi menjelang sesi livestream sales.

“Dari para kreator dan selebriti yang berkolaborasi, kami jadi ikut belajar bagaimana mengemas konten promosi kami dengan lebih menarik. Tentunya ini akan membantu kami untuk tetap menghibur pelanggan saat mereka berbelanja di TikTok Shop kami,” ujar Vincent. Berkat cara ini, seller UKM ini sudah mencatatkan keuntungan hingga 400% sejak pertama bergabung di TikTok Shop di Februari 2022.

Baca juga :   Teknologi 5G Dapat Mengakselerasi Pengalaman Berkomunikasi Digital

Kolaborasi dinamis antara kreator dan seller juga dikupas tuntas oleh Natasha Surya, kreator konten TikTok yang terkenal sebagai reviewer produk home and living, dan juga menjadi salah satu kreator yang kerap didapuk para seller dan brand untuk mempromosikan produk mereka di sesi livestream.

“Perjalanan saya sebagai kreator di TikTok sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan sesama pengguna, yang akhirnya mendorong kolaborasi saya bersama berbagai seller untuk mendukung bisnis mereka di TikTok Shop. Keterikatan antara seller, kreator, dan pengguna inilah yang menjadi keunikan dari TikTok Shop, dimana pengguna bisa menemukan produk dan belanja dengan cara yang seru, tanpa perlu berpindah aplikasi,” tegas Natasha yang telah berhasil mendorong penjualan lebih dari 110.000 produk selama delapan bulan terakhir di TikTok Shop.

Untuk terus mendukung kemajuan para UKM di Indonesia, TikTok Shop mengajak para pelaku UKM untuk mengikuti kompetisi video singkat untuk memenangkan berbagai dukungan yang akan meramaikan traffic ke livestream sales mereka, beragam keuntungan lainnya. Kompetisi ini merupakan bagian dari program #TikTokShop77Sale yang berlangsung mulai 1 Juli hingga 7 Juli 2022.

 

HENNI SOELAEMAN

Tags: Ayjona StoreGBMJ ButikShop At BlowTiktok Shop
Previous Post

Majoo Ingin Dorong UMKM Perluas Pangsa Pasar Lewat Toko Online

Next Post

Startup PINA Dapat Suntikan Dana US$3 Juta dalam Putaran Pendanaan Tahap Awal

Related Posts

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
TikTok Shop
Headline

Nilai Transaksi Tokopedia dan TikTok Shop Naik 24 Kali di Kuartal I 2025

25 April 2025
0
Load More
Next Post
Co-founders PINA

Startup PINA Dapat Suntikan Dana US$3 Juta dalam Putaran Pendanaan Tahap Awal

Blast those Beats

Blast Those Beats Galang 600 Orang Untuk Bugar Bersama

Westlife

Westlife Siap Konser di Indonesia Tiket Resmi Tersedia di tiket.com

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version