youngster.id - Beberapa tahun belakangan ini, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) semakin banyak yang terlihat menggunakan platform digital untuk menumbuhkan bisnisnya. Demi mendukung perkembangan UKM di Indonesia, TikTok Shop menggelar TikTok Shop Seller Conference bertema “Tumbuh Bersama TikTok Shop”.
Gelaran ini menyorot kolaborasi antara seller, kreator, dan pengguna yang masing-masing memiliki andil untuk mensukseskan bisnis mereka di TikTok Shop, sehingga dapat berkontribusi pada kemajuan UKM di Indonesia.
Dihadiri oleh lebih dari 100 seller dari seluruh Indonesia, acara ini menjadi wadah bagi para seller untuk mendapatkan tips dan wawasan bermanfaat, baik dari tim TikTok Shop, sesama rekan seller, serta kreator mengenai cara strategis dalam merintis usaha di TikTok Shop.
Salah satu bagian dari TikTok Shop adalah livestream sale yang menyediakan interaksi real-time antara seller, kreator, dengan pengguna lainnya yang menjadi calon pelanggan. Hal ini menjadi fokus utama dari seller Ayjona Store yang fokus berjualan kaftan dengan berbagai model terkini, melalui sesi livestream sale di TikTok Shop.
“Tantangan kami adalah bagaimana pengguna bisa tertarik dengan koleksi kaftan kami dan mau berinteraksi dengan host atau penjual, kapan pun dan di mana pun mereka berada. Bersama para host livestream, kami juga terus belajar untuk mengemas sesi dengan seru, sekaligus informatif, pengguna akan merasa lebih nyaman berbelanja di TikTok Shop kami,” kata Dina Apria Geni, pemilik dari Ayjona Store dalam siaran pers TikTok, Jumat (1/7/2022).
Trik jitu ini berhasil membawa seller ini mencatat peningkatan GMV hingga 10 kali lipat pada saat Ramadan tahun ini di TikTok Shop.
Sebagai perusahaan berbasis teknologi, TikTok senantiasa memperbarui platformnya dengan berbagai fitur dan solusi yang dapat mendukung kreativitas dan kemajuan penggunanya, termasuk juga para UKM lokal. Mulai dari effect dan musik untuk video singkat, hingga solusi iklan dan pemasaran di TikTok. Penggabungan berbagai solusi dan fitur ini bisa diterapkan untuk memaksimalkan manfaat yang dirasakan di TikTok Shop seller, seperti yang dilakukan oleh GBMJ Butik.
“Mengeksplorasi kreativitas menjadi bagian penting dari strategi kami di platform TikTok. Kami ingin pengguna bisa tertarik dan berinteraksi dengan berbagai konten promosi kami di mana mereka bisa menemukan keranjang produk kami, mulai dari video singkat ataupun sesi livestream yang seru. Untungnya, ada banyak lagu trending yang bisa kami gunakan di konten video singkat kami di TikTok, digabungkan dengan solusi Ads, sehingga bisa mendatangkan pengguna ke sesi livestream sales kami dan berbelanja di akun TikTok Shop kami,” kata Bella Juniartha, pemilik dari GBMJ Butik.
Terbukti, dengan cara ini, GBMJ Butik menorehkan peningkatan GMV hingga miliaran rupiah dalam sebulan terakhir di TikTok Shop.
Kolaborasi dinamis antara kreator dan seller juga dikupas tuntas oleh Natasha Surya, kreator konten TikTok yang terkenal sebagai reviewer produk home and living, dan juga menjadi salah satu kreator yang kerap didapuk para seller dan brand untuk mempromosikan produk mereka di sesi livestream.
“Perjalanan saya sebagai kreator di TikTok sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan sesama pengguna, yang akhirnya mendorong kolaborasi saya bersama berbagai seller untuk mendukung bisnis mereka di TikTok Shop. Keterikatan antara seller, kreator, dan pengguna inilah yang menjadi keunikan dari TikTok Shop, dimana pengguna bisa menemukan produk dan belanja dengan cara yang seru, tanpa perlu berpindah aplikasi,” tegas Natasha yang telah berhasil mendorong penjualan lebih dari 110.000 produk selama delapan bulan terakhir di TikTok Shop.
Untuk terus mendukung kemajuan para UKM di Indonesia, TikTok Shop mengajak para pelaku UKM untuk mengikuti kompetisi video singkat untuk memenangkan berbagai dukungan yang akan meramaikan traffic ke livestream sales mereka, beragam keuntungan lainnya. Kompetisi ini merupakan bagian dari program #TikTokShop77Sale yang berlangsung mulai 1 Juli hingga 7 Juli 2022.
STEVY WIDIA
Discussion about this post