Minggu, 3 Juli 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Kiat Sukses Bagi UMKM Lokal Menarik Minat Konsumen

23 Juni 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Co-Founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho

Co-Founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Bagi banyak pelaku usaha yang baru merintis bisnis di masa sekarang, menarik minat konsumen adalah kunci pertumbuhan dan kesuksesan bisnis yang dijalankan. Selain memanfaatkan teknologi melalui platform e-commerce, pelaku bisnis juga harus menyediakan metode pembayaran yang mudah dan terpercaya bagi konsumen dalam bertransaksi.

Berdasarkan Laporan Statistik E-Commerce 2021 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), transfer bank adalah salah satu metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh pelaku e-commerce atau bisnis digital.

Menanggapi hal ini, ShopeePay menggandeng dosen Perilaku Ekonomi dan Riset Terapan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Hilda Fachrizah dan Co-Founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho untuk membagikan beberapa tips efektif bagi para pelaku bisnis untuk menarik minat konsumen.

Hilda mengatakan, para pelaku bisnis harus cermat memanfaatkan metode pembayaran yang efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka. Serta pentingnya aktif mengedukasi pelanggan tentang manfaat berbagai layanan untuk meningkatkan produktivitas mereka. Salah satunya melalui layanan Transfer Ke Mana Pun dari ShopeePay, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer saldo ShopeePay ke mana pun secara real time atau langsung sampai, tanpa biaya admin dan tanpa kuota harian.

Baca juga :   Alibaba Group Gelar Konferensi Global Untuk Perempuan & Wirausaha

“Agar dapat terus berkembang dan memastikan keberlangsungan bisnis, pelaku UMKM membutuhkan berbagai dukungan dari banyak pihak. Mengingat pelaku UMKM yang beroperasi di ranah digital cenderung masih mengandalkan transfer bank untuk melakukan transaksi dengan pelanggan mereka, dibutuhkan sarana atau layanan yang mudah, terpercaya, dan dapat mendorong minat pelanggan untuk bertransaksi,yang pada akhirnya akan meningkatkan transaksi pelanggan dan membawa keuntungan bagi pelaku UMKM,” papar Hilda dalam keterangan pers, Kamis (23/6/2022).

Menurut dia, dengan adanya fitur ShopeePay yang dapat memudahkan transaksi pelanggan, pelaku UMKM dapat dengan cermat mengedukasi pelanggan untuk memanfaatkan metode yang paling menguntungkan bagi kedua pihak. Kini, pelaku UMKM tidak perlu membuka rekening dari berbagai bank guna menyediakan opsi pembayaran melalui transfer bank tanpa biaya admin. Fitur ini dapat mendorong geliat pertumbuhan UMKM di Indonesia,  maka harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM,” jelas Hilda.

Baca juga :   Jemuran Angin Panas Pemenang BlackInnovation 2016

Sementara itu, dari sudut pandang praktisi sekaligus pebisnis, Kara Nugroho transaksi digital sangat mendukung personal shopper yang mereka tawarkan. Pelanggan dapat berkonsultasi secara langsung melalui WhatsApp dengan staf khusus PVRA mengenai produk yang ingin dibeli hingga transaksi selesai.

“Mayoritas pelanggan yang berkonsultasi melalui layanan personal shopper kami biasanya akan menyelesaikan transaksi melalui metode transfer. Hadirnya layanan Transfer Ke Mana Pun dari ShopeePay memungkinkan pelanggan kami untuk bertransaksi melalui transfer secara real time atau langsung sampai, tanpa biaya admin dan tanpa kuota harian. Hal ini berdampak signifikan pada angka penjualan melalui layanan personal shopper kami karena pelanggan dapat merasakan pengalaman belanja dengan lebih mudah, hemat, dan menguntungkan,” jelas Kara.

Selain menghadirkan kemudahan bagi pelanggan melalui fitur dan layanan yang dapat digunakan, Kara pun percaya bahwa pelaku bisnis harus dapat memposisikan diri sebagai konsumen dan melakukan riset pasar secara berkala untuk mempertahankan eksistensi bisnis dalam persaingan pasar yang ketat.

Baca juga :   Barang yang Diburu di e-Commerce Selama Ramadan

“Riset memiliki peran yang sangat penting untuk bisa menciptakan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan memahami produk yang diinginkan oleh pelanggan, kami bisa bebas berkreasi secara terarah dan tetap memberikan sentuhan yang khas pada produk yang kami ciptakan,” jelas Kara.

Dia juga menegaskan, ketika bisnis mulai berkebang dan memiliki pelanggan setia, satu hal penting untuk menjaga minat konsumen adalah adanya konsistensi kualitas produk.

“Gejolak ekonomi terkadang mengharuskan pelaku UMKM untuk memutar otak dan mencari alternatif bahan baku yang lebih ekonomis untuk memastikan kelangsungan bisnis. Namun, perlu diingat bahwa konsumen juga pantas mendapatkan yang terbaik. Kualitas produk yang baik akan membangun kepercayaan pelanggan dan berpotensi menciptakan kesetiaan terhadap produk brand tersebut. Usahakan untuk terus mempertahankan kualitas produk agar pelanggan selalu berminat untuk bertransaksi kembali dengan kita,” tutup Kara.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commercemetode pembayaranpelaku bisnisShopeePayUMKM Lokal
Previous Post

Amartha Ajak Milenial Berinvestasi dan Berdampak Sosial Lewat Impact Investing

Next Post

Kini Bisa Beli Tiket KRL Commuter Line Lewat Aplikasi Gojek

Related Posts

Manchester City
News

Vidio Pegang Hak Siar Liga Inggris di Platform Online Streaming

3 Juli 2022
0
Collabonation Tour
News

Konser Musik Collabonation Tour Hadir di 50 Kota

2 Juli 2022
0
Sampoerna University
News

Upaya Sampoerna University Tumbuhkan Kreativitas Berwirausaha

2 Juli 2022
0
Load More
Next Post
Gojek x KCI

Kini Bisa Beli Tiket KRL Commuter Line Lewat Aplikasi Gojek

Grab Kota Masa Depan

Grab, Bukalapak, Emtek Perluas ‘Kota Masa Depan’ di Lima Kota

digibank by DBS - Born Ready

Personalisasi Layanan, digibank by DBS Perkenalkan Kampanye Born Ready: Kita Semua Terlahir Siap Investasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Connect with
Login
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
Notify of
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terbaru

Influencer

Influencer Membantu Brand Membangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

3 Juli 2022
0
Manchester City

Vidio Pegang Hak Siar Liga Inggris di Platform Online Streaming

3 Juli 2022
0
Lazada Manjakan Konsumen Jelang Harbolnas

7 Kiat Penting Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce

3 Juli 2022
0
PUBG

PUBG Mobile Gelar Kolaborasi dengan UMKM Kuliner Lokal Sei’Tan

3 Juli 2022
0
Collabonation Tour

Konser Musik Collabonation Tour Hadir di 50 Kota

2 Juli 2022
0
crowde

Startup Fintech CROWDE Jadi Wadah Saluran Dana BJB Bagi Para Petani

2 Juli 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

wpDiscuz
0
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
| Reply

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version