Jumat, 12 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Kiat Sukses Bagi UMKM Lokal Menarik Minat Konsumen

23 Juni 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Co-Founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho

Co-Founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bagi banyak pelaku usaha yang baru merintis bisnis di masa sekarang, menarik minat konsumen adalah kunci pertumbuhan dan kesuksesan bisnis yang dijalankan. Selain memanfaatkan teknologi melalui platform e-commerce, pelaku bisnis juga harus menyediakan metode pembayaran yang mudah dan terpercaya bagi konsumen dalam bertransaksi.

Berdasarkan Laporan Statistik E-Commerce 2021 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), transfer bank adalah salah satu metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh pelaku e-commerce atau bisnis digital.

Menanggapi hal ini, ShopeePay menggandeng dosen Perilaku Ekonomi dan Riset Terapan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Hilda Fachrizah dan Co-Founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho untuk membagikan beberapa tips efektif bagi para pelaku bisnis untuk menarik minat konsumen.

Hilda mengatakan, para pelaku bisnis harus cermat memanfaatkan metode pembayaran yang efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka. Serta pentingnya aktif mengedukasi pelanggan tentang manfaat berbagai layanan untuk meningkatkan produktivitas mereka. Salah satunya melalui layanan Transfer Ke Mana Pun dari ShopeePay, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer saldo ShopeePay ke mana pun secara real time atau langsung sampai, tanpa biaya admin dan tanpa kuota harian.

“Agar dapat terus berkembang dan memastikan keberlangsungan bisnis, pelaku UMKM membutuhkan berbagai dukungan dari banyak pihak. Mengingat pelaku UMKM yang beroperasi di ranah digital cenderung masih mengandalkan transfer bank untuk melakukan transaksi dengan pelanggan mereka, dibutuhkan sarana atau layanan yang mudah, terpercaya, dan dapat mendorong minat pelanggan untuk bertransaksi,yang pada akhirnya akan meningkatkan transaksi pelanggan dan membawa keuntungan bagi pelaku UMKM,” papar Hilda dalam keterangan pers, Kamis (23/6/2022).

Baca juga :   Permudah Investasi dengan Top Up, Pluang Berkolaborasi dengan ShopeePay

Menurut dia, dengan adanya fitur ShopeePay yang dapat memudahkan transaksi pelanggan, pelaku UMKM dapat dengan cermat mengedukasi pelanggan untuk memanfaatkan metode yang paling menguntungkan bagi kedua pihak. Kini, pelaku UMKM tidak perlu membuka rekening dari berbagai bank guna menyediakan opsi pembayaran melalui transfer bank tanpa biaya admin. Fitur ini dapat mendorong geliat pertumbuhan UMKM di Indonesia,  maka harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM,” jelas Hilda.

Sementara itu, dari sudut pandang praktisi sekaligus pebisnis, Kara Nugroho transaksi digital sangat mendukung personal shopper yang mereka tawarkan. Pelanggan dapat berkonsultasi secara langsung melalui WhatsApp dengan staf khusus PVRA mengenai produk yang ingin dibeli hingga transaksi selesai.

Baca juga :   Penjualan Produk Kesehatan dan Kecantikan di Masa Pandemi Meningkat Pesat

“Mayoritas pelanggan yang berkonsultasi melalui layanan personal shopper kami biasanya akan menyelesaikan transaksi melalui metode transfer. Hadirnya layanan Transfer Ke Mana Pun dari ShopeePay memungkinkan pelanggan kami untuk bertransaksi melalui transfer secara real time atau langsung sampai, tanpa biaya admin dan tanpa kuota harian. Hal ini berdampak signifikan pada angka penjualan melalui layanan personal shopper kami karena pelanggan dapat merasakan pengalaman belanja dengan lebih mudah, hemat, dan menguntungkan,” jelas Kara.

Selain menghadirkan kemudahan bagi pelanggan melalui fitur dan layanan yang dapat digunakan, Kara pun percaya bahwa pelaku bisnis harus dapat memposisikan diri sebagai konsumen dan melakukan riset pasar secara berkala untuk mempertahankan eksistensi bisnis dalam persaingan pasar yang ketat.

Baca juga :   Telkomsel Dukung Disney+ Hotstar Hadirkan Film Ikonik

“Riset memiliki peran yang sangat penting untuk bisa menciptakan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan memahami produk yang diinginkan oleh pelanggan, kami bisa bebas berkreasi secara terarah dan tetap memberikan sentuhan yang khas pada produk yang kami ciptakan,” jelas Kara.

Dia juga menegaskan, ketika bisnis mulai berkebang dan memiliki pelanggan setia, satu hal penting untuk menjaga minat konsumen adalah adanya konsistensi kualitas produk.

“Gejolak ekonomi terkadang mengharuskan pelaku UMKM untuk memutar otak dan mencari alternatif bahan baku yang lebih ekonomis untuk memastikan kelangsungan bisnis. Namun, perlu diingat bahwa konsumen juga pantas mendapatkan yang terbaik. Kualitas produk yang baik akan membangun kepercayaan pelanggan dan berpotensi menciptakan kesetiaan terhadap produk brand tersebut. Usahakan untuk terus mempertahankan kualitas produk agar pelanggan selalu berminat untuk bertransaksi kembali dengan kita,” tutup Kara.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commercemetode pembayaranpelaku bisnisShopeePayUMKM Lokal
Previous Post

Amartha Ajak Milenial Berinvestasi dan Berdampak Sosial Lewat Impact Investing

Next Post

Kini Bisa Beli Tiket KRL Commuter Line Lewat Aplikasi Gojek

Related Posts

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026
Headline

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026

28 November 2025
0
Load More
Next Post
Gojek x KCI

Kini Bisa Beli Tiket KRL Commuter Line Lewat Aplikasi Gojek

Grab Kota Masa Depan

Grab, Bukalapak, Emtek Perluas ‘Kota Masa Depan’ di Lima Kota

digibank by DBS - Born Ready

Personalisasi Layanan, digibank by DBS Perkenalkan Kampanye Born Ready: Kita Semua Terlahir Siap Investasi

Discussion about this post

Recent Updates

Manfaatkan Teknologi Kecerdasan Buatan Maxim Perkuat Kualitas Layanan

MAXIM Siap Ekspansi di 2026, Mulai Dari Bajaj Hingga Antar-Jemput Area Pelabuhan

12 Desember 2025
AFTECH dan AMVESINDO Perkuat Kompetensi Tenaga Kerja dan Pendanaan Startup Fintech

AFTECH dan AMVESINDO Perkuat Kompetensi Tenaga Kerja dan Pendanaan Startup Fintech

12 Desember 2025
Nanovest

Rekor ATH Sepanjang 2025, Transaksi Pengguna Nanovest Tumbuh 95%

12 Desember 2025
DoubleVerify - spcial commerce

DoubleVerify: 52% Konsumen Indonesia Belanja via Social Commerce

12 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Manfaatkan Teknologi Kecerdasan Buatan Maxim Perkuat Kualitas Layanan

MAXIM Siap Ekspansi di 2026, Mulai Dari Bajaj Hingga Antar-Jemput Area Pelabuhan

12 Desember 2025
AFTECH dan AMVESINDO Perkuat Kompetensi Tenaga Kerja dan Pendanaan Startup Fintech

AFTECH dan AMVESINDO Perkuat Kompetensi Tenaga Kerja dan Pendanaan Startup Fintech

12 Desember 2025
Nanovest

Rekor ATH Sepanjang 2025, Transaksi Pengguna Nanovest Tumbuh 95%

12 Desember 2025
DoubleVerify - spcial commerce

DoubleVerify: 52% Konsumen Indonesia Belanja via Social Commerce

12 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version